Selasa, 20 Oktober 2020

Aturan HET Berlaku, Mendag Minta Spekulan Beras ‘Pensiun’

Aturan HET Berlaku, Mendag Minta Spekulan Beras ‘Pensiun’

Foto. Meski aturan HET beras berlaku efektif mulai 18 September 2017, harga beras masih saja bergejolak. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Aturan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras mulai berlaku efektif di awal pekan ini atau Senin (18/9). Sebab itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengingatkan, para spekulan agar tidak lagi mempermainkan harga beras karena pemerintah akan bertindak lebih keras pada pelakunya.

Enggartiasto menuturkan, dengan pemberlakuan HET, keuntungan yang diambil atas kegiatan tata niaga beras diatur dalam batas wajar, sehingga harga beras bisa terjangkau masyarakat.

“Jadi, bagaimana keberpihakan kepada konsumen dengan segala kekurangannya. Semua orang harus mengurangi marginnya. Petani tidak perlu, dia sudah cukup,” ujar Enggartiasto di Jakarta, di awal pekan ini yang dikutip Liputan6.

Meski sudah mulai berlaku efektif, Enggartiasto menegaskan, akan terus menyuarakan HET beras, Dan, jika ada pengusaha yang tidak mematuhinya, tidak segan pihaknya akan mengambil tindakan dengan memberikan sanksi.

“Kepada para pemain-pemain yang mencoba bermain, jangan pernah main-main. Sebab sesudah ini kami akan lebih keras lagi mengambil langkah,” tutur dia.

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan mengatakan, HET merupakan upaya pemerintah mengontrol harga beras sesuai daya beli konsumen. HET dilakukan secara bertahap sebelumnya sebagai bentuk toleransi pemerintah ke pengusaha. Kini HET sudah berlaku efektif.

“Itu adalah batas toleransi secara bertahap, karena HET,” kata Enggartiasto. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.