Minggu, 25 Oktober 2020

Begini Penjelasan Panglima TNI soal Polemik Pemutaran Film G30S/PKI

Begini Penjelasan Panglima TNI soal Polemik Pemutaran Film G30S/PKI

Foto: Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Akbar Tanjung duduk berdampingan dalam halalbihalal KAHMI. (Nael Kilimanjaro/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan, pihaknya tidak peduli terhadap polemik pemutaran film sejarah pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 30 September 1965 yang dikenal dengan Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

“(Ya) Perintah saya, mau apa memangnya,” jawab Gatot Nurmantyo usai ziarah Makam Proklamator Soekarno di Blitar, Senin (18/9) kemarin.

Gatot menjawab itu saat ditanya awak media terkait instruksi TNI untuk gerakan nonton bareng film G30S/PKI di seluruh jajaran hingga tingkat Kodim-Koramil-Babinsa,

Gatot menjelaskan secara umum maksud dan tujuan instruksinya kepada seluruh jajaran TNI guna memobilisasi kegiatan nobar film G30S/PKI.

Dikatakan Gatot, selaku Panglima TNI, apa yang dia perintahkan adalah menyebarluaskan fakta-fakta nilai sejarah pada generasi muda. Menurutnya, sudah menjadi tugas TNI untuk ikut berupaya meluruskan sejarah bangsa ini.

Dia kembali menegaskan dirinya tak peduli jika instruksinya menimbulkan polemik.

“Biarin saja (ada polemik). Yang bisa melarang saya hanya pemerintah. (Kalau ada) Polemik dan ada penentangan dari berbagai pihak itu, ‘emangnya gue pikirin’. Politik dalam negeri apa dikatakan silakan,” tukasnya.

“Kalau selama ini meluruskan sejarah, menceritakan sejarah tidak boleh, mau jadi apa bangsa ini?,” imbuhnya.

Gatot pun mengutip kalimat yang pernah diucapkan oleh proklamator kemerdekaan dan Presiden pertama RI Soekarno.

“Di makam ini, Bung Karno pernah mengatakan, jangan lupa ‘Jas Merah’. Jangan lupa jasa-jasa pahlawan,” tuturnya.

Kembali pada polemik yang masih ditanyakan wartawan, Gatot kembali menegaskan bahwa dirinya dan TNI memilih untuk membiarkan polemik itu.

“Soal polemik, biarin sajalah. Tujuan kita tidak berpolemik kok. Tujuan saya hanya untuk mengingatkan pada generasi muda, prajurit-prajurit saya juga tidak tahu (G30S/PKI) itu,” katanya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.