Kamis, 22 Oktober 2020

Bukan Polisi yang Mampu Satukan Bobotoh-Jakmania tapi Muslim Rohingya

Bukan Polisi yang Mampu Satukan Bobotoh-Jakmania tapi Muslim Rohingya

Foto: Foto: Pendukung klub sepakbola Persib Bandung kumpulkan koin untuk PSSI yang menghukum aksi koreo solidaritas untuk Muslim Rohingya. (ist)

Oleh: Oleh: Yoga Prasetyo S*

Bandung, Swamedium.com — Polda Jabar dan Polda Metro Jaya telah berulang kali berupaya menggagas perdamaian antara pendukung tim sepakbola grup Persib Bandung dengan Persija Jakarta. Kedua suporter, Bobotoh-Viking dan The Jakmania pernah coba dikumpulkan aparat kepolisian belum lama ini di Kota Bogor, tapi tak pernah ada progres yang signifikan.

Meski kedua suporter telah menyatakan islah, gesekan kecil hingga tragedi berdarah bahkan sampai merenggut nyawa masih terjadi antara pendukung Persib Bandung dengan pendukung Persija Jakarta. Yang teranyar, ialah kasus terbunuhnya Ricko Andrean, seorang Bobotoh dari Kota Bandung.

Kisah meninggalnya Ricko pun terbilang menyedihkan. Pasalnya, warga Cicadas, Bandung itu harus masuk rumah sakit setelah menjadi korban pengeroyokan sesama oknum Bobotoh setelah laga panas yang mempertemukan Persib Bandung kontra Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu 22 Juli 2017 lalu.

Menurut kabar yang beredar, Ricko awalnya ingin menolong suporter Persija yang dikeroyok oknum Bobotoh. Nahas, niat baik Ricko tersebut justru berujung malapetaka. Ia diduga merupakan rekan dari pendukung Persjia Jakarta tersebut. Tak pelak, Ricko menjadi bulan-bulanan para oknum suporter tuan rumah.

Bagai minyak dan air, kedua suporter fanatik ini terlihat sulit dipersatukan. Tapi tak ada yang susah jika Allah SWT sudah berkehendak. Kata orang Sunda: “Allah mah teu hese dangdan.” Semenjak tragedi genosida Muslim Rohingya pada akhir Agustus lalu, seantero dunia kompak menyuarakan kecaman terhadap aksi radikal Budha Myanmar beserta bala tentara pemerintah negara tersebut. Tak ketinggalan, para Bobotoh yang membuat koreografi #SaveRohingya pada laga terakhir Persib vs Semen Padang pada Sabtu (9/9) di Stadion Sijalak Harupat, Soreang Kab. Bandung.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.