Minggu, 18 Oktober 2020

Dongkrak APK, Disdik Jabar Perbanyak Sekolah Terbuka

Dongkrak APK, Disdik Jabar Perbanyak Sekolah Terbuka

Foto: Kepala Dinas Pendidikan Jabar DR. Ahmad Hadadi. (Dok. Pemprov Jabar)

Bandung, Swamedium.Com — Pemprov Jabar melalui Dinas Pendidikan memperbanyak Sekolah Terbuka (SMA/SMK). Langkah dilakukan untuk meminimalisir angka putus sekolah, atau mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) yang hanya berada di point 76,6 jauh di bawah APK Nasional.

Berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) Dinas Pendidikan Jawa Barat, anak lulusan SLTP/Sederajat tahun 2017 ada sebanyak 723.000 anak.

“Yang belum dapat melanjutkan Pendidikan ke jenjang SLTA ada sebesar 23,4 % atau sebanyak 170.000 anak,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dr. Ahmad Hadadi, di Bandung, Selasa (19/9).

Dijelaskan Ahmad Hadiadi, masih cukup besarnya anak usia sekolah yang belum melanjutkan ke jenjang SLTA tentunya berdampak terhadap APK.

Untuk itu, tambah Ahmad Hadiadi, Disdik berinovasi membuat terobosan dengan memperbanyak membuka sekolah Terbuka. Terutama di Kabupaten/Kota yang APK rendah.

“APK Jabar berada di angka 76,6 point,” jelasnya.

Dengan diperbanyak sekolah terbuka untuk jenjang pendidikan SMA/SMK diharapkan mampu mendongkrak APK Jabar dapat menembus angka 90 point.

Targetnya, pada tahun 2017 ini sebanyak 100.000 anak dapat melanjutkan pendidikan melalui program Sekolah Terbuka.

“Saat ini sudah ada 4.000 anak yang bersekolah di Sekolah Terbuka, jadi masih jauh dari target. Jadi gerakan ini harus lebih dimasifkan lagi,” jelasnya. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.