Selasa, 20 Oktober 2020

PAN Dukung Acara Nonton Bareng G30S/PKI

PAN Dukung Acara Nonton Bareng G30S/PKI

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Waketum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan mendukung adanya acara nonton bareng film G30S/PKI. Dia menilai generasi saat ini harus tahu perjalanan serta perjuangan bangsa termasuk kekejaman yang dilakukan PKI.

“Secara Pribadi saya setuju untuk diceritakan ke publik karena banyak juga anak anak kita tidak paham, bagaimana kekejaman PKI, bagaimana waktu itu Alquran diinjak injak, dibakar dan seterusnya. Ini kenyataan sejarah,” kata Taufik di Gedung DPR, Selasa (19/9).

Dia menjelaskan pemutaran film tersebut tak perlu dipermasalahkan sehingga bisa menjadi wadah bagi pelurusan sejarah

“Bahwasanya itu menjadi pelurusan sejarah ini kita harapkan dalam peringatan hari Kesaktian Pancasila ini menjadi hal wajib, jangan sampai ditunggangi kepentingan politik praktis tapi penyampaian sejarah oke, no problem,” tegasnya.

Meski demikian, menurutnya, pemerintah harus tetap mengatur jalan cerita dan konten yang tidak etis dari film tersebut lewat lembaga sensor film.

“Masalah jalannya cerita atau bagaimana sinarnya cerita dan seterusnya itu jadi tanggung jawab pemerintah mengatur, ada juga lembaga sensor, materi kaitan dengan film dan hal lain itu menjadi kewenangan,” terangnya.

Sebelumnya, rencana TNI menggelar pemutaran film G30S/PKI menjadi polemik. Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan tidak peduli terhadap polemik pemutaran film sejarah pemberontakan Partai Komunis Indonesia pada 30 September 1965 yang dikenal dengan istilah Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

“(Ya) Perintah saya, mau apa memangnya,” jawab Gatot Nurmantyo saat dikonfirmasi wartawan terkait instruksi gerakan nonton bareng film G30S/PKI di seluruh jajaran hingga tingkat Kodim-Koramil-Babinsa, usai ziarah Makam Proklamator Soekarno di Blitar, Senin. (*/Dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.