Minggu, 25 Oktober 2020

Pemimpin yang Sadar Amanah

Pemimpin yang Sadar Amanah

Foto: Ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Menjadi pemimpin merupakan sesuatu yang didambakan sebagian besar manusia masa kini, entah pemimpin dalam suatu organisasi, lembaga, atau bahkan pemimpin dalam kursi pemerintahan.

Semakin tinggi sesuatu yang dipimpin, semakin banyak pula orang yang berlomba meraih posisinya, atas dasar kepercayaan diri atau tujuan masing masing -yang sepertinya- tidak begitu jauh berbeda.

Namun, ada sesuatu yang seringkali dilupakan dalam urusan mimpin memimpin pada beberapa waktu ini, terkait dengan amanah atau tanggung jawab kepemimpinan. Amanah yang seharusnya didahulukan dan menjadi landasan atas kepemimpinan seringkali dinomorkesekiankan, dan bahkan mungkin diabaikan begitu saja.

Keadaan seperti inilah, yang membuat kita berada dalam kerinduan terhadap sosok-sosok pemimpin yang totalitas mengabdikan kekuasaan nya untuk kemaslahatan rakyat.

Sebagaimana dulu Umar ibn Al-Khaththab RA, ketika memiliki kesempatan menjadi seorang pemimpin (khalifah), ia justru menjadi seorang yang paling gelisah, siang dan malam diarunginya dengan rasa takut terhadap kelalaian menanggung kebesaran sebuah amanah, dan meskipun ia sangat berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan dengan mempertimbangkan sisi baik dan buruknya suatu kebijakan, tetap saja, ia masih diliputi kekhawatiran. Kekhawatiran yang menghantarkannya kedalam bayangan bentuk pertanggung jawaban, dihadapan Rabb Semesta Alam, Allah SWT.

Sebagai pemimpin Umar ibn Al-Khaththab mengharamkan dirinya untuk segala bentuk kemewahan dan kenikmatan. Padahal, hal seperti itu boleh saja dirasakan oleh para penguasa, dan bahkan boleh dirasakan oleh manusia yang hidup di setiap tempat dan zaman.

Tapi, penghayatan Umar ibn Al-Khaththab akan sebuah penghambaan dan kekuasaan, jauh melampaui keinginan duniawinya, ia tunduk, takut pada amanah Rabb Nya, sehingga mengabdikan dirinya secara utuh, ikhlas, dan totalitas untuk kemaslahatan rakyatnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.