Minggu, 25 Oktober 2020

Polisi Tetapkan 7 Tersangka Pembubaran Acara PKI di YLBHI

Polisi Tetapkan 7 Tersangka Pembubaran Acara PKI di YLBHI

Foto: Didemo, seminar PKI di LBH Jakarta Dibubarkan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Polda Metro Jaya telah menetapkan 7 tersangka dalam aksi pembubaran acara berbau PKI di Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) yang terjadi pada Minggu, (17/9) lalu. Penetapan tersangka tersebut dikarenakan ketujuh pelaku unjuk rasa itu dianggap tidak mengindahkan aturan polisi saat diminta untuk membubarkan aksi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menjelaskan, setelah dilakukannya pemeriksaan oleh pihak penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya, 7 orang tersebut ditetapkan menjadi tersangka karena berusaha melawan petugas saat dilakukanya pembubaran tersebut.

“Tujuh orang dinyatakan sebagai tersangka, dikenakan pasal 216 dan 218 KUHP dengan ancaman empat bulan, artinya bahwa yang bersangkutan saat melakukan unjuk rasa, kemudian dibubarkan oleh kepolisian sesuai dengan UU, mereka tidak mengindahkan,” ucap Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (19/9).

Argo mengatakan, bahwa ketujuh orang tersangka tersebut merupakan masyarakat biasa dan bukan dari organisasi masyarakat.

“Tujuh orang itu ada yang karyawan, ada yang supir, ada juga yang pengangguran dan dia tidak punya kartu anggota organisasi,” papar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut.

Perlu diketahui dalam kejadian kericuhan yang terjadi di depan Kantor YLBHI Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (17/9) lalu ada sekira 37 orang yang diamankan pihak kepolisian diduga provokator penyerangan LBH tersebut.

Sebanyak 22 orang dilepas setelah diperiksa di Polres Jakarta Pusat, sedangkan 15 orang lainnya diperiksa di Polda Metro Jaya dan tujuh diantaranya ditetapkan tersangka sementara 8 orang dipulangkan. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.