Minggu, 25 Oktober 2020

Bank Jerman Lobi Luhut untuk Danai Beli Saham Freeport

Bank Jerman Lobi Luhut untuk Danai Beli Saham Freeport

Divestasi Freeport kisruh disebabkan pemerintah tidak konsisten dengan aturan yang dibuatnya. (*)

Jakarta, Swamedium.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Deutsche Bank menawarkan diri membantu badan usaha milik negara (BUMN) membeli divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

“Tadi Deutsche Bank datang, mereka juga berminat untuk membantu ‘financing’ (mendanai), misalnya buat BUMN yang akan masuk di Freeport,” kata Luhut di Kemenko Kemaritiman Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (19/9).

Meski baru tahap awal, Luhut menyambut baik minat perbankan Jerman tersebut.

Sebelumnya, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius K. Ro mengatakan, meski saham yang akan didivestasikan PTFI mencapai 51 persen, BUMN dipastikan memiliki cukup dana untuk membelinya.

“Kemampuan dana kami sangat mampu, dan banyak bank asing yang menyatakan siap untuk mendanai,” tegas Aloy, Selasa (29/8).

Sementara itu, terkait perhitungan harga saham saat pembelian nanti, Luhut menyebut hal itu akan diserahkan ke pasar dengan penghitungan valuator independen yang masing-masing ditunjuk PTFI dan pemerintah.

“Nanti ada valuator independen yang ditunjuk dari dua belah pihak, dari pemerintah dan pihak Freeport. Itu ada kajian dan formulanya, tapi cadangan tidak termasuk apa yang dinilai harganya,” ungkapnya.

Luhut menegaskan, dengan memiliki 51 persen saham PTFI, otomatis Indonesia yang akan mengendalikan perusahaan tambang yang beroperasi di Papua itu. Saat ini, pemerintah baru menguasai 9,36 persen saham PTFI. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.