Sabtu, 24 Oktober 2020

BNN Ungkap Narkotika Jenis Synthetic Cannabinoid dari Cina

BNN Ungkap Narkotika Jenis Synthetic Cannabinoid dari Cina

Foto: Ilustrasi (swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Direktur Prekusor dan Psikotropika Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Pol Anjan Pramuka Putra menjelaskan, bahwa narkotika jenis Synthetic Cannabinoid apabila dikonsumsi bukan hanya mengakibatkan kerusakan pada saraf otak, melainkan dapat menyebabkan kematian apabila mengkonsumsinya.

Untuk diketahui, Synthetic Cannabinoid adalah salah satu dari 18 jenis narkoba jenis baru yang telah diatur dalam Permenkes Nomor 13 Tahun 2014

“Sebenarnya sangat riskan, sangat berbahaya, karena efeknya dapat berakibat merusak sel saraf pusat otak,” ucap Anjan di Gedung BNN, Jakarta Timur, Rabu (20/9).

Anjan mengungkapkan, sebenarnya narkotika tersebut awal mulanya digunakan sebagai obat penenang bagi penderita HIV. Namun para pelaku industri barang haram tersebut mencampurnya, sehingga obat keras ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sebagian organ tubuh apabila dikonsumsi dalam waktu yang lama.

“Kalau sel saraf pusat otak akan berdampak gila, bahkan kalau tidak kuat jantung itu akan membawa ke kematian,” jelasnya.

Perlu diketahui, BNN mengamankan narkotika golongan l, mendapati narkotika jenis synthetic cannabinoid 0,231 kg. Pengungkapan tersebut berawal dari informasi Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta yang menemukan paket mencurigakan yang berasal dari Cina.

Kemudian ditindaklanjuti oleh petugas dan didapati dua paket yang terdiri dari satu buah plastik berisi serbuk putih dan satu buah plastik berisi serbuk coklat muda. Setelah dilakukan pemeriksaan serbuk putih tersebut mengandung synthetic cannabinoid. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.