Minggu, 25 Oktober 2020

Ribuan Muslim Rohingya Terjebak di Rakhine

Ribuan Muslim Rohingya Terjebak di Rakhine

Foto: Anak-anak muslim etnis Rohingya. (Dok. Dewan Dakwah)

Sittwe, Swamedium.com — Ribuan Muslim Rohingya dari dua desa terpencil masih terjebak oleh umat Budha yang memusuhi mereka di Myanmar barat laut setelah tidak diberi jalan aman untuk mereka mengungsi. Hal itu diungkapkan oleh seorang pejabat senior pemerintah setempat.

Ribuan muslim Rohingya mengatakan bahwa mereka ingin pergi tapi membutuhkan perlindungan pemerintah dari umat Buddha Rakhine yang mengancam akan membunuh mereka. Mereka juga mengatakan bahwa mereka kekurangan makanan sejak 25 Agustus.

Warga desa Ah Nauk Pyin, salah satu dari dua desa Rohingya, mengatakan bahwa mereka berharap untuk pindah ke tempat aman di sebuah kamp di luar Sittwe, ibukota negara bagian terdekat. Mereka tidak memiliki pilihan lain lagi kecuali tetap tinggal, dan hubungan mereka dengan tetangga Budha Rakhine yang diliputi dengan ketegangan dapat pecah setiap saat.

Ada sekitar 2.700 warga tinggal di Ah Nauk Pyin, yang setengah diantaranya berlindung di antara pohon buah-buahan dan pohon kelapa di semenanjung yang tersapu hujan. Penduduknya mengatakan bahwa pria Budha Rakhine telah mengancam melalui telepon dan berkumpul di luar desa dengan berteriak, “Tinggalkan, atau kita akan membunuh Anda semua”.

“Pada hari Selasa pagi, warga desa Budha Rakhine mengusir dua orang Muslim Rohingya yang mencoba ke ladang mereka,” kata pemimpin desa Ah Nauk Pyin, Maung Maung seperti dikutip Reuters.

Khin Tun Aye, kepala Shwe Laung Tin, salah satu desa Rakhine di dekatnya, membenarkan bahwa mereka telah mengusir kedua orang Muslim Rohingya tersebut jika mereka berencana menyerang atau meledakkan desanya.

“Mereka seharusnya tidak menutup diri pada situasi konflik saat ini. Orang hidup dalam ketakutan terus-menerus,” katanya seraya menyalahkan penduduk Rohingya Ah Nauk Pyin.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.