Minggu, 25 Oktober 2020

Soal Biaya Top-up E-money, BI Sebut Hanya Gratis di Bank Penerbit

Soal Biaya Top-up E-money, BI Sebut Hanya Gratis di Bank Penerbit

Isi ulang e-money di bank penerbit gratis.(*)

Jakarta, Swamedium.com – Empat bank pemerintah yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) telah menyatakan akan menggratiskan biaya isi ulang (top-up) e-money. Namun, menurut Bank Indonesia (BI), aturan yang mengizinkan pengenaan biaya isi ulang e-money dengan batasan tertentu tetap akan terbit.

Aturan yang akan diterbitkan oleh BI itu akan mengijinkan pengenaan biaya isi ulang e-money dengan besaran tertentu apabila isi ulangnya dilakukan bukan di bank penerbit. Jika dilakukan di bank penerbit gratis. Tetapi, bila jumlah isi ulangnya di atas Rp 200 ribu, BI mengijinkan bank mengenakan biaya isi ulang meski transaksinya dilakukan di bank penerbit sekalipun.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengatakan, bank sentral segera mengeluarkan aturan pembatasan biaya isi ulang uang elektronik. Menurut dia, untuk pengguna uang elektronik dan isi ulang di fasilitas bank yang sama tidak akan kena biaya.

Contohnya, jika menggunakan Flazz lalu mengisi ulang di fasilitas BCA maka tidak dikenakan biaya ini yang disebut isi ulang On-Us. Lalu untuk isi ulang yang menggunakan fasilitas di luar bank penerbit atau mitra bank penerbit seperti di convenience store atau halte bus besaran biayanya akan diatur oleh BI.

“Kalau isi ualng dengan fasilitas yang sama (di bank penerbit) tidak dikenakan biaya. Selama ini kan kita perhatikan top-up menggunakan fasilitas lain, biayanya sangat beragam. Nah ini perlu diselaraskan,” ujar Agus pada acara IBEX, di JCC, Selasa (19/9) yang dikutip detik.com.

Biaya isi ulang uang elektronik untuk transaksi antarbank akan dibatasi. “Sehingga kalau ada uang elektronik off us (antar bank) akan melakukan top up tidak bisa ada yang charge Rp 3.000, Rp 2.000, Rp 2.500, itu perlu kita atur. Nanti kami atur seragam dan tidak boleh lebih dari jumlah tertentu,” kata Agus.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.