Minggu, 25 Oktober 2020

Banyak Polemik, BI Nekat Terbitkan Aturan Biaya Isi Ulang Uang Elektronik

Banyak Polemik, BI Nekat Terbitkan Aturan Biaya Isi Ulang Uang Elektronik

.Foto. BI khawatir bisa salah persepsi akibat gugatan warga soal uang elektronik. (*)

Jakarta, Swamedium.com – Meski menerima banyak penolakan dari berbagai pihak, Aturan Bank Indonesia (BI) terkait biaya isi ulang (top-up) e-money tetap terbit. Dalam aturan itu, BI menyebutkan biaya isi ulang berkisar Rp 750 sampai maksimal Rp 1.500.

Seperti diketahui, BI telah menerbitkan aturan mengenai pengenaan biaya isi ulang uang elektronik atau e-money dan tata cara pembayaran non tunai yaitu Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 19/10/PADG/2017 tanggal 20 September 2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional/National Payment Gateway (PADG GPN). Adapun skema harga e-money untuk transaksi isi ulang terdiri dari dua yakni top up on us dan top up off us.

Top up on us artinya pengisian ulang yang dilakukan melalui kanal pembayaran milik penerbit kartu. Nantinya, setiap pengisian ulang sampai dengan Rp 200.000 tidak dikenakan biaya.
“Sementara untuk nilai di atas Rp 200.000 dapat dikenakan biaya maksimal Rp 750,” tulis BI dalam aturan yang dikutip dari laman BI, Kamis (21/9).

Sedangkan, top up off us artinya pengisian ulang yang dilakukan melalui kanal pembayaran milik penerbit kartu yang berbeda atau mitra, misalnya toko-toko ritel atau pun halte Transjakarta. Pengisian ulang melalui mitra itu akan dikenakan biaya maksimal sebesar Rp 1.500.

Kebijakan skema harga ini mulai berlaku efektif satu bulan setelah PADG GPN diterbitkan, kecuali untuk biaya Top Up On Us yang akan diberlakukan setelah penyempurnaan ketentuan uang elektronik.

Seperti diketahui, aturan tersebut menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Banyak yang menilai pemungutan biaya isi ulang ini memberatkan bagi masyarakat karena masyarakat harus membayar biaya penitipan uang. Padahal perbankan sudah melakukan penarikan biaya pada saat pertama kali menjual kartu e-money kepada nasabah. (*/maida)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.