Minggu, 25 Oktober 2020

Dalam 2 Jam, Gempa 5,2 SR Guncang Aceh dan Madura

Dalam 2 Jam, Gempa 5,2 SR Guncang Aceh dan Madura

Foto: ilustrasi/swamedium

Jakarta, Swamedium.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya gempa berkekuatan 5,2 Skala Richter (SR) di wilayah perairan Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, Kamis pukul 09.09 WIB, Kamis (21/9).

Gempa tersebut berlokasi 0.34 Lintang Utara(LU), 92.24 Bujur Timur (BT) atau berjarak 492 kilometer Barat Daya Kabupaten Simeulue, kedalaman 10 km.

Gempa itu berjenis gempa tektonik dengan intensitas MMI 2 sampai 3. Gempa tadi pagi itu tidak berpotensi tsunami.

Adapun nergi yang dilepas pada gempa tersebut tidak begitu besar sehingga tidak banyak dirasakan masyarakat, termasuk warga di wilayah daratan Kabupaten Simeulue yang berada di kepulauan terluar Provinsi Aceh itu.

Berdasarkan data yang dirilis BMKG, pada hari ini, Kamis (21/9), gempa 5,2 SR juga mengguncang wilayah Timur Laut, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur dua jam lebih awal dar gempa di Aceh, yakni pada pukul 06.59 WIB.

Menurut BMKG, gempa yang terjadi di Aceh yang hanya terjadi dalam selisih waktu sekitar dua jam bukanlah gempa susulan, karena lokasi pusat dan kultur pergerakan tanah tidak pada satu lempengan. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.