Senin, 26 Oktober 2020

Film G30S/PKI Diputar Serentak, Tak Ada Tempat bagi Komunis di Indonesia

Film G30S/PKI Diputar Serentak, Tak Ada Tempat bagi Komunis di Indonesia

Foto: Ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Setelah lama tak tayang di televisi nasional, film berjudul Pemberontakan G30S/SPKI rencananya akan diputar kembali untuk publik secara serentak oleh jajaran Kodim di seluruh Indonesia.

Ketua Dewan Pertimbangan PAN, Amien Rais menegaskan bahwa dengan pemutaran film tersebut, semakin jelas kini tidak ada lagi tempat bagi komunis untuk tumbuh di Indonesia.

“Tak ada ruang bagi komunis di Indonesia saat ini. Mereka yang petentang petenteng PKI, harus berhadapan dengan (TNI) AD,” ujar Amien Rais, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH M. Cholil Nafis menyambut baik rencana pemutaran film G30S/PKI. Dengan penayangan film tersebut, kata KH Cholil, bisa menjadi bahan pembelajaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ya bagi kita kan itu (G30S/PKI) bagian dari sejarah dan sejarah itu tidak boleh dilupakan. Dituangkan dalam film sebagai sarana pembelajaran kita sehingga dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara bisa lebih baik,” ujar KH. Cholil.

KH. Cholil juga mengatakan film G30S/PKI dapat digunakan oleh generasi sekarang sebagai media pembelajaran atas pengalaman-pengalaman sejarah di masa lampau.

“Sebagai momentum belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada di Indonesia bagi generasi yang tidak pada jamannya. Generasi sekarang yang tak pernah tahu itu (G30S/PKI) tentu film merupakan sarana pembelajaran yang terbaik, meskipun sebenarnya film itu memotret fenomena yang sebenarnya,” kata KH. Cholil. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.