Sabtu, 17 Oktober 2020

Djarot Usul Gubernur DKI Dipilih DPRD, PAN: Dulu Kan Dia Menentang

Jakarta, Swamedium.com – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kembali mengusulkan jika pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta bisa melalui DPRD atas Usulan Presiden.

Menanggapi usulan djarot tersebut Anggota Komisi II DPR RI, Yandri Susanto merasa heran, sebab dulu Djarot pernah menentang rencana tersebut.

“Saya kira Pak Djarot konsisten aja, dan ini jalan yang terbaik bahwa masyarakat memilih pemimpinnya secara langsung,” kata Yandri, Jumat (22/9).

Bahkan Yandri menilai jika usulan Djarot tersebut belum diperlukan khususnya pada saat- saat ini.

“Belum, karena selama ini tidak ada masalah. Apa masalahnya? Kecuali ada masalah, tapi kan selama ini tidak ada masalah,” tutupnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta dapat dilakukan oleh DPRD atas usulan Presiden. Hal tersebut demi menghindari kegaduhan yang kerap terjadi jelang pemilihan.

Djarot mengatakan Pilkada DKI Jakarta hingga saat ini menggunakan sistem 50 persen plus 1. Artinya, cagub dan cawagub DKI harus memperoleh suara lebih dari 50 persen untuk menjadi pemenang. Sistem ini yang dinilainya bikin gaduh.

“Sekarang pemilihan 50+1, ini bikin gaduh dan kalau calonnya dua itu bisa langsung sekali putaran. Coba bayangkan, bisa nggak di Jakarta calonnya dua? Pasti lebih dari dua,” kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/9). (dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.