Minggu, 18 Oktober 2020

Gerindra Setuju Usul Djarot, Tapi Perlu Dikaji Lebih Dalam

Gerindra Setuju Usul Djarot, Tapi Perlu Dikaji Lebih Dalam

Foto: Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Partai Gerindra setuju dengan usul yang dilemparkan oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang meminta agar Gubernur DKI Jakarta dipilih oleh Presiden dan DPRD tingkat provinsi.

“Dulu kan kami juga mengusulkan hal tersebut untuk Gubernur dan Bupati dipilih DPRD. Dan dulu siapa yang menolak kan juga juga tahu siapa,” kata Waketum Gerindra Fadli Zon, Jumat (22/9).

Meski begitu, dia menjelaskan, masih akan melakukan pengkajian terhadap ide tersebut. Sebab pihaknya enggan usulnya kembali ditolak seperti beberapa tahun lalu.

“Jadi, harus kita kajilah lebih dalam lagi sebaiknya seperti apa. Dulu kami termasuk yang mengusulkan tetapi kan juga ditolak,” tutur Fadli.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta dapat dilakukan oleh DPRD atas usulan Presiden. Hal tersebut demi menghindari kegaduhan yang kerap terjadi jelang pemilihan.

Djarot mengatakan Pilkada DKI Jakarta hingga saat ini menggunakan sistem 50 persen plus 1. Artinya, cagub dan cawagub DKI harus memperoleh suara lebih dari 50 persen untuk menjadi pemenang. Sistem ini yang dinilainya bikin gaduh.

“Sekarang pemilihan 50+1, ini bikin gaduh dan kalau calonnya dua itu bisa langsung sekali putaran. Coba bayangkan, bisa nggak di Jakarta calonnya dua? Pasti lebih dari dua,” kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/9). (dng)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.