Minggu, 25 Oktober 2020

Gandeng GNOME, Purism Ciptakan Ponsel Menggunakan Enkripsi ‘End-to-End’

Gandeng GNOME, Purism Ciptakan Ponsel Menggunakan Enkripsi ‘End-to-End’

Foto : Ponsel pintar Librem 5 (it's foss)

San Fransisco, Swamedium.com — GNOME Foundation jalin kerjasama dan memberikan dukungannya kepada produsen ponsel pintar Purism untuk menciptakan sebuah ponsel pintar yang bebas dan terbuka dengan menerapkan enkripsi ‘end-to-end’ yang melindungi penuh penggunanya.

Seperti yang dikutip dari press release GNOME Foundation, ponsel pintar yang bernama Librem 5 ini akan menggunakan sistem operasi GNU/Linux versi komputer yang dimodifikasi dengan teknologi GTK+ milik GNOME. Berkat kerjasama ini, GNOME akan memfasilitasi Purism dalam membuat sebuah alat, emulasi dan even seperti hackfest.

Direksi eksekutif GNOME Foundation, Neil McGovern mengatakan, memiliki sebuah ponsel pintar dengan prinsip bebas terbuka dirasa seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi sebagian orang karena Purism telah membuktikannya. GNOME sangat mempersilahkan bagaimana Purism membuat sebuah ponsel pintar dengan menerapkan teknologi dari GNOME.

“Purism sangat tertarik bekerjasama dengan banyak komunitas dan organisasi yang menyuarakan hak digital manusia. Mendapat endorse dari GNOME Foundation untuk (dukungan) perangkat keras pada Librem 5 membuat kami selangkah lebih dekat untuk menjadi sebuah ponsel pintar yang “memborgol” Android dan iOS,” pungkas Founder & CEO, Purism Todd Weaver. (rk)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.