Senin, 26 Oktober 2020

Wisata Air Sumber Maron di Malang Sarat Nilai Edukasi

Wisata Air Sumber Maron di Malang Sarat Nilai Edukasi

Foto: Taman wisata air Sumber Maron,Malang, Jawa Timur. (Joko/swamedium)

Malang, Swamedium.com — Tempat wisata alam rekreasi air Sumber Maron, Malang terdapat sarana rumah pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) dari sumber mata air Sumber Maron. PLTMH ini menjadi pemasok listrik dan air untuk mengaliri kebutuhan listrik dan air bagi warga Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Malang, Jawa Timur.

Menurut pengakuan warga setempat, pembangunan pembangkit listrik tenaga mikro hidro itu adalah hasil kerjasama beberapa pihak baik instansi pemerintahan daerah juga swasta lokal maupun luar negeri bahkan hingga sampai 32 negara yang telah melakukan penelitian di tempat wisata alam ini karena sumber mata airnya yang jernih.

Namun untuk urusan pengelolaannya diserahkan langsung kepada masyarakat warga desa yang bekerjasama dengan aparatur pemerintahan yang masuk di dalam badan usaha milik desa (bumdes) dan hasil usaha bersama bangun desa.

“Pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini hasil kerja sama warga desa dengan aparatur pemerintahan yang masuk di dalam badan usaha milik desa (bumdes), awalnya dari kerjasama warga setempat yang dana nya minim terus dimasukanlah jadi program,” tutur Pengelola Wisata Alam Sumber Maron, Rudi Eko Susanto saat ditemui, Kamis (21/9) lalu.

“Yang nama programnya sarana air dan sanitasi bagi warga, hasil kerjasama pihak pemda dengan pihak luar negeri, Australia dan Indonesia, lewat kerja sama antar universitas Fakultas Teknik Muhammadiyah Malang dengan Universitas di Australia tersebut bahkan setelah booming dan jadi menarik peneliti 32 Negara dari yang hendak meneliti sumber mata air di sini,” lanjutnya.

Saat Swamedium.com datang berkunjung ke wisata air Sumber Maron terdapat mesin turbin yang cukup panjang, dan saluran Trensis yang besar, yang mata airnya siap digunakan oleh masyarakat desa dan menurut informasi bahwa air dari Sumber Maron ini dapat langsung diminum. Tampak di salah satu wahana bermain bagi anak-anak terdapat satu kolam air yang airnya jernih. (Jok)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.