Minggu, 25 Oktober 2020

Kabel Suramadu Terbakar, Pasokan Listrik ke Madura Terganggu

Kabel Suramadu Terbakar, Pasokan Listrik ke Madura Terganggu

Foto: Jembatan Suramadu (ilustrasi/ist)

Surabaya, Swamedium.com – Terbakarnya kabel di bawah jalur motor Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) membuat pasokan listrik ke Pulau Madura akan terganggu. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memperkirakan gangguan itu terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Manager PT PLN Area Pelaksana Pemeliharaan Surabaya Nofrizal Erdiansyah mengatakan, kabel di bawah Jembatan Suramadu yang terbakar ini berada di sisi jalur arah ke Madura. Kabel itu berada tepat di bawah jalur motor yang dipakai setiap hari oleh para pengendara.

Dikatakannya, kondisi tersebut membuat pasokan listrik pada saat beban puncak di Pulau Madura akan mengalami gangguan hebat.

Nofrizal menjelaskan, selama ini pasokan listrik ke Pulau Madura mendapatkan suplai dari dua sirkuit. PLN selalu mengandalkan sirkuit jaringan listrik yang terpasang dari Kenjeran Surabaya hingga Gili Timur, Bangkalan.

“Satunya lagi sirkuit jaringan listrik yang terpasang di bawah Jembatan Suramadu yang membentang sampai Bangkalan,” ujar Nofrizal, seperti dikutip Sindonews, Ahad (24/9) .

Kedua sirkuit itu, lanjut dia, selama ini telah menjadi tumpuan utama PLN dalam membagi pasokan listrik ke empat kabupaten yang ada di Pulau Madura. Kapasitas masing-masing sirkuit itu mencapai 145 Megawatt (MW).

“Saat beban puncak pemakaian listrik di Pulau Madura bisa mencapai 200 MW,” ungkapnya.

Dengan beban puncak seperti itu, menurut Nofrizal, saat sirkuit yang ada di Jembatan Suramadu ke Bangkalan ini mengalami gangguan maka efek dominonya cukup tinggi. Pihaknya hanya mengandalkan suplai listrik dari satu sirkuit di Kenjeran-Gili Timur yang cuma berkapasitas 145 MW saja.

“Makanya beberapa wilayah di Pulau Madura sejak Sabtu sore sudah mengalami pemadaman listrik,” ujarnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.