Senin, 26 Oktober 2020

Kampung Andir Purwakarta Diterjang Longsor

Kampung Andir Purwakarta Diterjang Longsor

Foto: Lahan di Kampung Andir, Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, tampak ambrol sedalam 30 meter. (Koran Sindo)

Purwakarta, Swamedium.com — Sebuah longsor menerjang Kampung Andir RT 17/05 Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Ahad (24/9). Longsor terjadi pada lahan sepanjang 500 meter.

Lahan yang dijadikan kolam pemancingan ikan itu tiba-tiba saja ambrol sedalam 30 meter pagi tadi. Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut.

Longsor tersebut sempat membuat panik warga setempat. Pasalnya, lokasi longsor berdekatan dengan permukiman warga.

“Saya sempat mendengar suara yang cukup keras. Saya buru-buru keluar rumah untuk memastikannya. Ternyata sebuah lahan yang dijadikan kolam ikan longsor. Kami khawatir terjadi longsor susulan karena berdekatan dengan rumah warga,” ungkap salah seorang warga.

Seperti dilansir Sindonews, beberapa aparat pemerintahan desa setempat, dan anggota Polsek Sukatani datang meninjau lokasi. Beberapa petugas kepolisian terlihat langsung memasang garis polisi di sekitar lahan longsor.

Sementara Kepala Desa Cianting E Koswara mengungkapkan, longsor terjadi saat warga sekitar sibuk beraktivitas pagi. Menurut dia, longsor itu tidak didahului oleh angin atau hujan.

Untuk itu, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan Pemkab Purwakarta untuk penanganan lebih lanjut.

“Penanganan yang bisa kami lakukan, warga dikerahkan untuk kerja bakti menyingkirkan material longsoran. Kami juga terus memantau lokasi sebagai antisipasi longsor susulan,” jelas dia. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.