Selasa, 20 Oktober 2020

Menhub Akan Tutup Bandara Ngurah Rai Bila Erupsi Meningkat

Menhub Akan Tutup Bandara Ngurah Rai Bila Erupsi Meningkat

Bandara Ngurah Rai akan ditutup bila erupsi Gunung Agung meningkat. (*/panoramio.com)

Pemalang, Swamedium.com – Perjalanan Anda ke Pulau Bali terancam terganggu karena adanya erupsi Gunung Agung. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali akan ditutup apabila erupsi Gunung Agung terus meningkat.

“Pemerintah dapat menutup penerbangan ke Bandara Ngurah Rai apabila eruspi Gunung Agung meningkat dan sudah membahayakan keselamatan penerbangan,” kata Menhub usai menjadi narasumber dalam sebuah diskusi di Balai Gandrung, Pulosari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9).

Menurut dia, hingga Sabtu penerbangan ke Bandara Ngurah Rai Bali masih berlangsung baik dan belum ada masalah terkait dengan erupsi Gunung Agung. “Tidak ada hambatan, pesawat terbang masih bisa take off-landing dengan baik,” katanya didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Menhub mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan rencana evakuasi penumpang apabila erupsi Gunung Agung terus meningkat. “Kami sudah melakukan ‘plan’ (penerbangan dialihkan) ke bandara lain, seperti di Banyuwangi Jawa Timur dan Lombok,” kata Budi.

Bandara yang disiapkan untuk pengalihan dari Bandara Ngurah Rai adalah di Lombok, Makassar, Banyuwangi, Surabaya, dan Malang.

Kendati demikian, Menhub berharap Gunung Agung tidak meletus agar tidak mengganggu penerbangan dan sektor pariwisata di Bali.

Budi berdoa erupsi Gunung Agung tidak besar agar wisata Bali yang sudah bagus itu tetap terkoreksi dengan baik. “Persiapan pengalihan penerbangan juga sudah matang, seperti ke Bandara Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Ujung Pandang,” jelasnya.(*/maida)

Sumber: Antara

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.