Selasa, 27 Oktober 2020

3,3 Juta Warga Jabar Belum Punya KTP-el

3,3 Juta Warga Jabar Belum Punya KTP-el

Foto: Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Syahrir. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.Com — Pemilukada dan Pilgub Jabar tinggal hitungan bulan. Namun, sekitar 3,3 juta jiwa warga Jabar ditengarai belum memiliki KTP elektronik (KTP-el) sebagai salah satu syarat untuk dapat melaksanakan hak pilih, dikhawatirkan apabila ini tidak terpenuhi mereka akan kehilangan hak pilihnya.

“Kita tidak ingin hak konstitusi warga pada saat pencoblosan pada Pilkada dan Pilgub Jabar 2018 mendatang, hilang hanya karena belum atau tidak memiliki e-KTP,” ujar Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Syahrir, di gedung DPRD Provinsi Jawa Barat Jl Diponegoro 27 Bandung, Senin (25/9).

Sebab, kata Syahrir, KTP-el sangat penting bagi seluruh Warga Negara Indonesia termasuk juga bagi Jawa Barat, yang sebentar lagi akan mengadakan Pilkada serentak di 16 Kab/kota dan Pilgub Jabar 2018.

Syahrir menambahkan, Pada pelaksanaan Pilkada 2015 dan 2017 lalu, permasalahan KTP-el juga menjadi persoalan krusial, karena banyak warga tidak dapat menyalurkan hak konstitusinya gara-gara belum memiliki KTP-el.

Untuk itu, tegas Syahrir, diharapkan pada Pilkada dan Pilgub Jabar 2018 mendatang, permasalahan e-KTP sebagai salah satu syarat untuk dapat melaksanakan hak pilih, tidak terjadi lagi.

Kepala Disdukcapil Jabar Abas Basari usai raker dengan Komisi I DPRD Jabar memang mengakui kalau ada sekitar 3,3 juta warga Jabar yang belum memiliki KTP-el.

“Berdasarkan up date data terakhir yang ada di Disdukcapil Jabar, ada sekitar 3,3 juta jiwa warga Jabar belum memiliki e-KTP,” Abas, mengakuinya.

Data tersebut, ungkap Abas terdiri dari remaja yang baru memiliki KTP, atau baru berusia 17 tahun. Selain itu, ada juga warga yang sudah merekam datanya, tetapi belum mendapatkan KTP-el. Permasalahannya saat itu karena blangko.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.