Senin, 19 Oktober 2020

Dijuluki Kota Paling Kreatif, Apa yang Sudah Dibuat Bandung?

Dijuluki Kota Paling Kreatif, Apa yang Sudah Dibuat Bandung?

Foto: Pagelaran Seni Bandung #1. (ist)

Bandung, Swamedium.Com – Ketika Bandung dijuluki kota yang katanya paling kreatif di dunia, apa yang sebetulnya sudah diperbuat dan dilakukan oleh Bandung hingga mendapat gelar seperti itu. Harus sebuah kegiatan kesenian yang merangkul semua pihak, dan memberikan pencerahan dan edukasi?

Itulah kegelisahan yang melingkupi Direktur Eksekutif Seni Bandung #1 Iman Soleh yang saat ini tengah mengadakan kegiatan bertajuk Seni Bandung #1 di Jalan Dalam Kaum, Kota Bandung.

Kegiatan yang diselenggarakan Iman Soleh di hari ulang tahun Bandung yang ke-207 adalah mengumpulkan ribuan seniman Bandung dan sekitarnya. Lalu membuat pagelaran seni, selama satu bulan penuh mulai Minggu 24 September pukul 20.00 WIB.

“Festival paling satu dua hari. Tidak pernah panjang, termasuk pasar seni ITB,” kata Iman Soleh di areal kegiatan Seni Bandung Jl Dalam Kaum, Bandung, Senin (25/9).

Oleh karena itu, kata Iman Soleh, tujuan dari kegiatan yang tengah diselenggarakannya itu ini membuat kegiatan yang lebih lengkap dari yang sudah ada sebelumnya.

“Kalau Jogja punya festival, Surabaya punya. Bandung sebetul juga punya bahkan lebih spesifik FBS, Festival Drama Bahasa Sunda,” katanya.

Ide Ridwan Kamil Tidak Pas

Karena ingin membuat kegiatan yang lebih lengkap itulah beberapa teman memberi saran tidak terkecuali Ridwan Kamil.

“Kalau kang Ridwan menyarankan biennale,” katanya. Namun, mengingat Biennale identik hanya untuk seni rupa, jadi masih tidak pas.

Padahal, yang diinginkan Iman Soleh, bukan hanya kegiatan seni rupa. Tapi kegiatan seni lengkap, harus merangkul banyak kesenian. Dan kesenian itu, bukan kesenian pop, yang sudah laku.

“Maksud saya kesenian yang memberikan pencerahan dan edukasi. Biar hasilnya bisa melampaui kegiatan seni ternama dunia yang sudah dimiliki oleh bangsa-bangsa lain seperti festival yang pernah dilakukan Malaysia, Belanda, Prancis dan lain sebagainya,” katanya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.