Selasa, 20 Oktober 2020

Gelontorkan 200 Bukti, KPK Berharap Menang di Sidang Praperadilan Setnov

Gelontorkan 200 Bukti, KPK Berharap Menang di Sidang Praperadilan Setnov

Foto: Juru bicara KPK Febri Diansyah. (Sindonews)

Jakarta, Swamedium.com — Sidang praperadilan yang beragendakan Uji Materi bukti bukti, telah dilaksanakan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (25/9), atas pemohon yang juga selaku ketua DPR RI Setya Novanto terkait kasus KTP elektronik.

Menurut Jubir KPK, Febri Diansyah mengatakan bahwa pihaknya telah menggelontorkan bukti-bukti yang dimiliki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai keterlibatan Ketua Umum Partai Golkar itu terkait dugaan korupsi proyek pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara Nasional (KTP Elektronik) yang merugikan negara senilai lebih dari Rp 2,3 triliun.

“Sekitar 200 bukti dokumen kami bawa ke persidangan,” kata Febri melalui pesan singkatnya kepada wartawan.

Jubir KPK itu berharap agar Hakim Tunggal Cepi Iskandar bisa dapat mempertimbangkan secara serius bukti-bukti yang dihadirkannya tersebut.

“Dari bukti inilah nantinya dapat menguatkan agar hakim dapat mengkonstruksi kasus e-KTP, termasuk indikasi keterlibatan terhadap nama nama tersangka yang sudah kami tetapkan,” jelasnya.

Selain menghadirkan sejumlah bukti-bukti yang di keluarkan oleh KPK di hadapan majelis hakim, KPK selaku pihak termohon juga akan mendatangkan beberapa saksi ahli.

Namun, jubir KPK itu tidak menjelaskan secara rinci atas nama nama siapa saja yang dimintai oleh KPK untuk menjadi saksi ahli yang akan menghadapi jalan nya persidangan praperadilan tersebut.

“Dalam rangkaian pembuktian, kami juga akan menghadirkan beberapa ahli hukum pidana materil, hukum acara pidana dan hukum tata negara,” jelas mantan aktivis ICW tersebut.

Diketahui, gugatan praperadilan yang dilayangkan Ketua Umum Partai Golkar itu lantaran tak terima dengan status tersangka yang telah ditetapkan oleh para Komisioner KPK itu.

Saat ini Novanto masih terbaring di rumah sakit pasca operasi jantung pada pekan lalu. (Jok)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.