Minggu, 25 Oktober 2020

Sidang Praperadilan, KPK Beberkan Keterlibatan Setnov dalam Kasus KTP-el

Sidang Praperadilan, KPK Beberkan Keterlibatan Setnov dalam Kasus KTP-el

Foto: Ketua DPR Setya Novanto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Dalam menghadapi pengajuan atas jalur praperadilan yang ditempuh oleh tersangka kasus KTP Elektronik Setya Novanto, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa sekitar 200 dokumen yang dijadikan alat bukti adanya keterlibatan Ketua DPR RI itu dalam mega skandal kasus korupsi terbesar.

Kepala Biro Hukum KPK Setiadi mengatakan, bukti tersebut tak hanya berisi surat dan dokumen, namun ada juga beberapa keterangan dari saksi yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

“Yang mana pemeriksaannya jauh sebelum penetapan (Setnov) sebagai tersangka,” ujar Setiadi, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (25/9).

Sedangkan untuk barang bukti dokumen dan surat lainnya, Setiadi mengatakan bila berkas tersebut terdiri dari beberapa surat perjanjian hingga BAP dari saksi-saksi termasuk dari luar negeri yang telah diperiksa oleh penyidik KPK.

“Suratnya bermacam-macam. Ada akta perjanjian, kemudian ada surat tentang pembayaran, termin-termin pembayaran, ada juga Berita Acara Pemeriksaan Saksi, baik, mohon maaf saksi yang di dalam negeri maupun di luar negeri, yang pemeriksaannya dilakukan di kedutaan besar RI di negara mana saksi yang bersangkutan bertempat tinggal,” paparnya.

Meskipun telah membawa sebanyak itu, Setiadi mengatakan bila bawaannya tersebut hanya baru sebagian yang dimiliki KPK terkait alat bukti adanya keterlibatan Setnov dalam lingkaran korupsi yang merugikan keuangan negara yang ditaksir jumlahnya amat fantastis sebesar Rp 2,3 triliun rupiah.

Ia menuturkan, masih akan ada beberapa dokumen yang hendak disampaikan pihaknya pada sidang berikutnya, Rabu (27/9) mendatang.

“Jadi gini, semua ini masih sebagian besarnya saja dari dokumen dan surat yang menjadikan dasar untuk menetapkan pemohon sebagai tersangka,” pungkasnya. (Jok)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.