Sabtu, 24 Oktober 2020

Survei LKPI; Elektabilitas Deddy Mizwar Melejit, Ridwan Kamil Menurun

Survei LKPI; Elektabilitas Deddy Mizwar Melejit, Ridwan Kamil Menurun

Foto: Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. (ist)

Bandung, Swamedium.com — Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) menggelar survei untuk Pilkada Jawa Barat (Jabar) untuk mencari tahu siapakah sosok yang akan menggantikan Ahmad Heryawan yang telah memimpin Jabar dua periode.

Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono mengatakan, survei yang bertajuk ‘Jajak Pendapat Masyarakat Jabar Mengukuhkan Tokoh Yang Diinginkan Sebagai Gubernur Jabar Pada Pilgub Jawa Barat 2018’ ini, telah dilakukan dua kali. Survei pertama dilakukan pada Mei lalu dan menempatkan Wakil Gubernur Jabar, Dedi Mizwar unggul atas tokoh potensial lainnya.

Saat itu, elektabilitas Deddy Mizwar 34,5% unggul atas Rieke Diah Pitaloka (17,2%), Dede Yusuf (10,2%), Ridwan Kamil (7,9%), Dedi Mulyadi (7,1%), Mochamad Sohibul Iman (4,4%), Netty Prasetyani (3,7%).

“Sedangkan yang belum memberikan pilihan 6,2%,” jelas Arifin dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Ahad (24/9).

Sedangkan pada bulan September 2017 ini, diperoleh hasil yang tak jauh beda, Deddy Mizwar tetap unggul dengan tingkat elektabilitas lebih dari 30%.

Sementara, ada beberapa tokoh yang dianggap potensial untuk menjadi orang nomor satu di Jabar.

Mereka adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi, Sekda Jabar Iwa Karniwa, Bupati Majalengka Sutrisna, Anggota DPR RI dari PDIP Puti Guntur Soekarno dan Rieke Diah Pitaloka, Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Dede Yusuf serta Ketua Kadin Jawa Barat Agung Suryamal Sutrisno.

Untuk survei September 2017 ini, hasilnya adalah, untuk tingkat popularitas, Deddy Mizwar menempati posisi pertama dengan perolehan suara 92,3 persen. Disusul Rieke Dyah Pitaloka 83,8 persen, Dede Yusuf 81,5 persen, Puti Guntur Soekarnoputra 59,2 persen, Dedi Mulyadi 57,3 persen, Ridwan Kamil 54,3 persen, Agung Suryamal 49,2 persen, Iwa Karniwa 49,1 persen, dan Sutrisna 48,2 persen.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.