Minggu, 25 Oktober 2020

Dewi Damayanti: Dapatkah Warisan Dikenakan Pajak?

Dewi Damayanti: Dapatkah Warisan Dikenakan Pajak?

Warisan apakah dikenai pajak? (*/femina)

Jakarta, Swamedium – Tahun ini, ikhtiar Direktorat Jenderal Pajak untuk mengejar target penerimaan pajak luar biasa hingga membuat rakyat ‘takut.’ Banyak warga biasa, pengusaha, apalagi orang kaya yang mulai was-was dengan pajak. Apalagi Minggu ini, muncul kabar bahwa semua warisan, baik perhiasan, tanah, rumah harus dilaporkan di SPT Pajak.

Apakah betul warisan menjadi obyek pajak? Berikut ini ada tulisan dari Dewi Damayanti, Pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang dimuat dilaman Ditjen Pajak pada awal tahun lalu. Dewi Damayanti menguraikan tentang pajak warisan sebagaimana tulisan dibawah ini.

Dapatkah Warisan Dikenakan Pajak?

Tanpa harus usaha keras, tiba-tiba Anda dapat bagian warisan dari orang tua Anda, bahagia luar biasa pastinya. Tapi jangan terburu senang dulu, pastikan apakah atas tambahan penghasilan Anda masih terhutang pajak atau tidak.

Karena dalam penjelasan Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh) Tahun 1983, menganut prinsip pemajakan atas penghasilan dalam pengertian luas. Apa maksudnya? Yaitu pajak akan dikenakan atas setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak.

Nah, pada prinsipnya penghasilan yang diterima ahli waris itu seharusnya merupakan objek pajak penghasilan. Sehingga ketika Anda mendapat tambahan penghasilan dari warisan, berarti di saat yang sama harus membayar pajak juga, begitukah?

Coba kita tengok Pasal 4 ayat (3) huruf b UU PPh Tahun 1983. Di katakan bahwa: yang dikecualikan dari objek pajak adalah warisan. Jadi meskipun warisan itu merupakan tambahan kemampuan ekonomis bagi ahli waris, namun dikecualikan sebagai objek pajak penghasilan. Sederhananya bukan objek pajak saja.

Warisan di sini meliputi semua jenis harta. Apakah itu harta bergerak seperti: perhiasan, logam mulia, mobil, bahkan surat berharga. Atau harta tidak bergerak seperti tanah atau bangunan.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.