Minggu, 25 Oktober 2020

Nota Keberatan Siap Dibacakan Kuasa Hukum Alfian Tanjung

Nota Keberatan Siap Dibacakan Kuasa Hukum Alfian Tanjung

Foto: Ustadz Alfian Tandjung dan penasehat hukum dari Tim Pengacara Muslim. (Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Kuasa Hukum Ustadz Alfian Tanjung, Drs. Abdullah Al Katiri, S.H mengatakan, saat ini sedang dipertontonkan lelucon penegakan hukum, khususnya kasus yang menjerat Ustadz Alfian Tanjung.

Pasca Ustadz Alfian Tanjung diputus bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya pada agenda Putusan Sela, Rabu (6/9) lalu dan sekaligus menyatakan Dakwaan Jaksa Batal Demi Hukum, kini, Kejaksaan Negeri Tinggi (Kejari) Tanjung Perak mengajukan Pelimpahan Ulang Dakwaan terhadap Alfian Tanjung dengan nomor Surat Dakwaan yang sama yakni PDM-321/Tg.Perak/07/2017.

Persidangan Ustadz Alfian kembali digelar, Rabu (27/9) pukul 10.00 WIB di PN Surabaya. Adapun Nomor Perkara Ustadz Alfian di PN Surabaya yaitu 2664/Pid.Sus/2017/PN.Sby.

Al Katiri mengatakan, jika Jaksa mau adil dan taat hukum, harusnya mengajukan Perlawanan Hukum (Banding) atas putusan sela Majelis Hakim sebagaimana diatur dalam Pasal 156 KUHAP. Namun sayangnya, kata dia, Jaksa justru melimpahkan ulang (Dakwaan baru) yang jelas-jelas tidak ada dasar hukumnya.

“Kami tidak habis fikir, apa yang ada dalam benak dan fikirannya. Sesama penegak hukum sudah menjadi kewajiban untuk mengingatkan bahwa peradilan pidana ini tidak bisa dilakukan dengan cara-cara model abuse of power, negara Indonesia ini menganut konsep Negara Hukum ( Rechstaat) karenanyalah hukum sebagai panglima,” kata Al Katiri dalam siaran pers yang diterima Swamedium.com, di Jakarta, Senin (25/9) kemarin.

Al Katiri menilai bahwa penanganan perkara Ustadz Alfian Tanjungsama sekali tidak mencerminkan konsep negara hukum. Dikatakannya, pihaknya sangat siap membacakan nota keberatan hukum (Eksepsi) atas dakwaan baru tersebut.

“Insya Allah berdasar keyakinan hukum kami, Dakwaan Jaksa tersebut tidak jelas, tidak cermat dan tidak lengkap atau kabur ( Obscuur Libeel),” jelasnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.