Minggu, 25 Oktober 2020

Bersatunya Ormas Islam, Kunci Dari Kebangkitan Ekonomi Umat

Bersatunya Ormas Islam, Kunci Dari Kebangkitan Ekonomi Umat

Ilustrai aksi bela Islam. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Kebangkitan Ekonomi Umat Islam akan terwujud bila Ormas-ormas Islam mau bersatu atau bersinergi menggabungkan kekuatan masing-masing untuk bersama-sama mewujudkan terciptanya arus baru ekonomi Indonesia. Tanpa bersatu, sulit untuk menggeser dominasi ekonomi oleh segelintir orang dan menciptakan pemerataan ekonomi.

Ketua Komisi Ekonomi MUI, Azrul Tanjung, mengatakan agar bisa bersinergi, masing-masing ormas harus menghilangkan ego sektoral dan fokus kepada kepentingan umat.

“Kendalanya ego sektoral, biasanya ormas-ormas sudah punya cara masing-masing, termasuk perusahaan-perusahaan yang ingin menonjolkan (program) sendiri,” kata Azrul, Selasa (26/9) yang dikutip Republika.

Dia berharap, ormas-ormas Islam mau bersatu untuk mewujudkan arus baru ekonomi Indonesia. Misalnya, Muhammadiyah mempunyai kelebihan di bidang tertentu, maka MUI pakai yang sudah dimiliki Muhammadiyah untuk membantu perekonomian umat. Muhammadiyah, ungkap dia, memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dibandingkan yang lain.

Kemudian, sambung Azrul, Nahdlatul Ulama (NU) mempunyai kelebihan di bidang lain, maka MUI akan memakai milik NU dalam memajukan arus ekonomi baru ini. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki ormas-ormas Islam lainnya juga bisa dimanfaatkan. Yang penting, kata Azrul, harus ada goodwill (niat baik) dari ormas-ormas untuk berbagi.

MUI juga meminta perusahaan-perusahaan besar mau secara suka rela berbagi dengan tidak menonjolkan perusahaan masing-masing. Azrul menambahkan, boleh saja menonjolkan perusahaan masing-masing asalkan tetap mau bersinergi satu sama lain demi kemajuan ekonomi.

Selanjutnya dari pemerintah, Komisi Ekonomi MUI meminta agar kebijakan yang dibuat pemerintah lebih berpihak kepada rakyat kecil. Azrul menjelaskan MUI menginginkan arus baru ekonomi Indonesia karena MUI tidak ingin ekonomi kecil dan ekonomi besar saling berhadap-hadapan. MUI ingin ekonomi besar dan kecil sejalan dan berbagi pasar.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.