Selasa, 27 Oktober 2020

Peran Kampus dalam Memotivasi Mahasiswa Geluti Industri Kreatif Masih Kurang

Peran Kampus dalam Memotivasi Mahasiswa Geluti Industri Kreatif Masih Kurang

Foto: Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Agus Muharram Agus Muharram saat memberikan sambutan pada Grand Launching of Binus @Bandung, di Gedung Binus Kompleks Paskal Hypermart, Bandung, Rabu (27/9). (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.com — Sekretaris Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Agus Muharram mengatakan tidak banyak perguruan tinggi Indonesia yang memotivasi mahasiswanya untuk menggeluti dan mempelajari bidang industri berbasis kreativitas dan inovasi. Padahal prospek kerja bidang tersebut sangat lebar dan sangat potensial.

“Industri kreatif bisa didefisisikan sebagai industri yang muncul dari kreativitas. Keahlian dan bakat indvidual .Industri ini mempunyai potensi menciptakan kekayaan dan membuka lapangan kerja bagi lulusan perguruan tinggi lewat aktivitas dan eksploitasi kekayaan intelektual,” kata Agus Muharram saat memberikan sambutan pada Grand Launching of Binus @Bandung, di Gedung Binus Kompleks Paskal Hypermart, Bandung, Rabu (27/9).

Gagasan atau mimpi membangun industri kreatif di Indonesia melalui perguruan tinggi atau kampus kiranya bukan angan-angan yang mustahil. Gagasan tersebut, kata Agus Muharram, tentunya dapat terjadi jika didukung para stokeholder terkait.

Hal ini telah dibuktikan oleh Yayasan Bina Nusantara yang telah mendirikan Kampus Binus @Bandung dimana kampus ini nantinya akan dikembangkan menjadi pusat kreatif teknologi dan kewirausahaan.
“Sekali lagi saya memberikan apresiasi kepada Yayasan Bina Nusantara atas upaya pengembangan Industri Kreatif dan Kewirausahaan,” kata Agus Muharram.

Dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan kewirausahaan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM hingga saat ini sedang dan akan terus melakukan program Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) yang melibatkan seluruh stakeholders baik di pusat maupun di daerah.

Berdasarkan Data Kementerian Koperasi dan UKM, jelas Agus Muharram, PDB Koperasi sebagai lembaga pada tahun 2016 sebesar 3,99 persen sedangkan kontribusi PDB Koperasi dan sisa anggaran sebesar 20,71 persen dan PDB UMKM sebesar 61,41 persen.

Berdasarkan Data Sensus Ekonomi BPS tahun 2016, dengan jumlah penduduk sebesar 252 juta orang Indonesia, terdapat Wirausaha sebanyak 7,8 juta orang atau 3,10 persen dari jumlah penduduk.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.