Selasa, 20 Oktober 2020

Dibuka Pertama Kali, Jalur Penerbangan Surabaya – Sumenep Diresmikan

Dibuka Pertama Kali, Jalur Penerbangan Surabaya – Sumenep Diresmikan

Foto: Wagub Jatim Gus Ipul secara simbolis memberikan karangan bunga kepada perwakilan wartawan yang naik pesawat Wings Air Jurusan Surabaya-Sumenep di Terminal 1 Bandara Juanda. (Triwahyudi Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Jalur penerbangan tujuan Surabaya (Bandara Internasional Juanda) – Sumenep (Bandara Trunojoyo) telah resmi dibuka. Setiap harinya akan ada sekali penerbangan Surabaya – Sumenep dan sebaliknya. Dengan adanya jalur penerbangan tersebut, akan membuka akses ke dunia luar sekaligus melahirkan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Demikian disampaikan Wagub Jatim, Drs. H. Saifullah Yusuf saat Peresmian Wings Air Rute Surabaya – Sumenep, di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Rabu (27/9).

Dijelaskan, dengan berfungsinya Bandara Trunojoyo maka alur masuk barang akan semakin meningkat. Dengan demikian, tutur Gus ipul sapaan akrabnya pertumbuhan ekonomi juga ikut meningkat.

“Penerbangan ini merupakan cita-cita lama semua pihak dalam memajukan Madura. Diharapkan menjadi bagian dalam mempersempit kesenjangan yang ada,” ujarnya.

Penerbangan Surabaya-Sumenep menjadi kesempatan emas bagi Sumenep dan Madura untuk bisa menjadi lebih maju. Dengan jarak tempuh yang dipersingkat, maka juga akan turut membawa percepatan dalam distribusi barang.

Namun demikian, Pemda Sumenep juga harus siap benar dalam membuat rancangan bagaimana pengelolaan bandara tersebut kedepan. Beberapa bandara yang sudah dibangun di Jatim seperti di Banyuwangi, Jember dan Malang, bisa mengungkit perekonomian kesejahteraan masyarakatnya karena direncanakan dengan baik.

”Sebagai contoh, di sekitar Bandara di Banyuwangi tidak diperbolehkan ada bangunan, tujuannya agar tidak meninggalkan ciri khasnya. Sektor pariwisata yang menjadi sasaran Pemda Banyuwangi dengan adanya bandara,” ungkapnya. (ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.