Minggu, 18 Oktober 2020

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus KTP Elektronik

KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus KTP Elektronik

Foto: Konferensi pers KPK. (Joko Wahyudi/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Kasus dugaan korupsi proyek pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara Nasional (KTP Elektronik), mendapatkan tersangka baru, kali ini Dirut PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo resmi dinaikkan statusnya, dari sebelumnya sebagai saksi, menjadi tersangka oleh KPK.

Pengumuman itu disampaikan oleh wakil pimpinan KPK, Laode Syarif setelah menemukan alat bukti baru yang didukung oleh fakta-fakta yang tersaji di persidangan dari dua pejabat Kemendagri, serta pengusaha pengatur tender proyek pengadaan KTP Elektronik tersebut.

“KPK menetapkan satu orang lagi sebagai tersangka, saudara ASS (Anang Sugiana Sudiharjo) Dirut PT Quadra Solutions‎,” tegas Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief saat jumpa pers di kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/9) malam.

La Ode Syarief menjelaskan, Anang diduga terbukti telah bersama-sama dengan pihak-pihak lainnya yakni tersangka berinisial SN, dan dua pejabat Kemendagri, Irman dan Sugiharto, juga pengusaha pengatur tender proyek KTP elektronik, Andi Narogong dan anggota DPR, Markus Nari melakukan korupsi proyek KTP elektronik.

“Perbuatan Anang patut diduga menguntungkan diri sendiri, orang lain, dan korporasi, sehingga mengakibatkan kerugian negara Rp2,3 Triliun,” jelasnya.

Komisioner KPK itu membeberkan, pihaknya telah melakukan penyelidikan dengan fakta-fakta yang ada di persidangan dalam sidang kasus dugaan korupsi KTP elektronik.

Berdasarkan informasi bahwa Dirut PT Quadra Solution itu berperan dalam menyerahkan sejumlah uang kepada tersangka lain yang terlibat sesuai dengan fakta yang ada dalam persidangan.

Selanjutnya Anang Sugiana diganjar dengan Pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang tentang pemberantasan Tipikor Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, Junto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Jok)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.