Sabtu, 24 Oktober 2020

Tumpahan Minyak Sawit Cemari Perairan Teluk Bayur

Tumpahan Minyak Sawit Cemari Perairan Teluk Bayur

Foto: Puluhan ton minyak sawit mencemari perairan Pelabuhan Teluk Bayur Padang. (ist)

Padang, Swamedium.com — Puluhan ton minyak sawit tumpah ke perairan Pelabuhan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, Kamis (28/9). Tumpahan minyak sawit milik PT Wira Innomas itu tak pelak mencemari perairan.

Peristiwa tumpahnya minyak sawit itu diketahui pukul 10.00 WIB. Pihak PT Wira Innomas mengakui ada kebocoran di pipa penyaluran minyak sawitnya dari tanki timbun

Humas PT Wira Innomas, Gunawan mengakui minyak sawit yang tumpah itu milik perusahaannya. Dia menduga kebocoran pipa itu akibat seringnya gempa terjadi belakangan ini.

“Diperkirakan ini mungkin akibat gempa yang sering terjadi, jadi kinerja pipa terganggu,” ucapnya.

“Sekarang kami masih menyelidiki kebocoran pipa tersebut. Dan ini merupakan sebuah bencana bagi kami,” tambahnya.

Foto: Tumpahan minyak sawit terlihat keluar dari pipa penyaluran dari tanki timbun milik PT Wira Innomas ke perairan. (ist)

Diperkirakan minyak sawit yang tumpah ke perairan sudah mencapai 50 ton. Saat ini untuk melokalisir pencemaran, pihak PT Pelindo II sudah memasang Oil Boom. .

“Jumlah minyak yang tumpah tersebut mencapai 50 Ton. Ini minyak nabati murni dan bukan limbah yang tumpah. Saat ini masih melakukan upaya pembersihan laut dari tumpahan minyak tersebut,” tambah Gunawan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pada El Amin mendesak pihak perusahaan untuk segera melakukan penyedotan agar dampak lingkungan tidak meluas.

Pemerintah Kota Padang, lanjutnya, tak segan-segan menjatuhkan sanksi berupa pencabutan izin lingkungan dan izin operasi bila upaya pembersihan akibat kebocoran tangki tidak dilakukan segera. (*/d)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.