Selasa, 20 Oktober 2020

Menteri BUMN Sebut Kondisi Keuangan PLN Cukup Sehat

Menteri BUMN Sebut Kondisi Keuangan PLN Cukup Sehat

Foto: Ilustrasi (swamedium)

Jakarta, Swamedium.com – Menteri BUMN Rini Soemarno menganggap surat Menteri Keuangan Sri Mulyani yang khawatir soal keuangan PT PLN (Persero) itu sebagai bentuk perhatian kepada BUMN. Pasalnya, PLN memiliki aset yang relatif besar hingga mencapai Rp 1.300 triliun.

“Itu hal yang normal, ibu Menkeu tentunya mengingatkan kita untuk selalu menjaga PLN. Karena PLN adalah perusahaan terbesar buat kami (BUMN) yang mempunyai aset Rp 1.300 triliun dan juga memang pekerjaan besar tentunya. Beliau mengingatkan saja,” ujar Rini di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (29/9) yang dikutip detik.com.

Menurut Rini, kondisi keuangan PLN saat ini terbilang cukup sehat. “Enggak ada masalah kita punya kekuatan kita kok di keuangan,” kata Rini.

Sebelumnya, Direktur Utama PLN Sofyan Basir menyatakan, posisi arus kas perseroan sebesar Rp 63 triliun. Jumlah utang PLN Rp 296 triliun dan dalam 3 tahun terakhir utang PLN hanya bertambah Rp 58 triliun. Sementara omzet PLN sekitar Rp 300 triliun dan aset Rp 1.300 triliun.

“Ekuitas kita Rp 890 triliun. Sekarang kita bisa melakukan pinjaman Rp 2.000 triliun kalau mau. Saya kaget kok panik gara-gara surat itu. Jadi tidak ada apa-apa sama sekali. Posisi cash kita kuat. kita tidak pernah gagal bayar,” ungkap Sofyan. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.