Kamis, 29 Oktober 2020

Aher Optimis, Geopark Indonesia Bisa Lebih Maju dari Korea

Aher Optimis, Geopark Indonesia Bisa Lebih Maju dari Korea

Foto: Aher, panggilan akrab dari Ahmad Heryawan, optimis Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu bisa lebih maju dari UGG karena, dari segi luas geopark Indonesia lebih luas dari Geopark Korea Selatan. (Ariesmen/swamedium)

Bandung, Swamedium.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan optimis Geopark Ciletuh, di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Indonesia yang saat ini masih dalam proses pembangunan bisa lebih maju dari Geopark Korea Selatan yang berada di Pulau Jeju.

“Geopark di Korea itu, dulu namanya GGN, Global Geopark Network Jeju. Setelah mendapat penghargaan dari Unesco kini namanya menjadi UGG, Unesco Global Geopark Jeju,” jelas Ahmad Heryawan saat ditanya wartawan tentang oleh-olehnya dari Korea Selatan, Jumat (29/9).

Aher, panggilan akrab dari Ahmad Heryawan, optimis Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu bisa lebih maju dari UGG karena, dari segi luas Geopark Indonesia lebih luas dari Geopark Korea Selatan.

“Dari sisi luas, lebih luas kita. UGG luasnya hanya puluhan hektar. Yang kita punya, Geopark Pelabuhan Ratu luasnya 148 hektar,” jelas Aher.

Luas lahan, Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Sukabumi Jawa Barat membentang dari Ujung Genteng, Pelabuhan Ratu sampai Cisolok. Arealnya menyangkut lahan laut, lahan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), lahan Kehutanan dan lain sebagainya.

“Di Geopark Ciletuh itu, semua sudut menjadi pusat perhatian. Oleh karenanya, nanti kita akan siapkan banyak pintu. Tergantung pengunjung mau masuk dari mana,” jelas Aher.

Pintu masuk ke Geopark Ciletuh itu, kata Aher, saat ini masih digarap. Di lokasi pintu-pintu masuk Geopark itu, jelas Aher, ada aturannya masing-masing, dan ada keistimewaannya masing-masing.

“Semangatnya untuk memanfaatkan kondisi alam yang ada di Geopark itu sebaik mungkin. Baik itu alam dalam arti geologi atau alam dalam artian kultur,” terangnya. (Ris)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.