Sabtu, 17 Oktober 2020

Kenang Penumpasan PKI di Blitar, Gerindra Jatim Gelar Apel Kesaktian Pancasila

Kenang Penumpasan PKI di Blitar, Gerindra Jatim Gelar Apel Kesaktian Pancasila

Foto: Gerindra memilih lokasi Apel di Monumen Trisula - Bakung Blitar ini, karena tempat ini bersejarah, sekaligus mengedukasi ke masyarakat tentang pentingnya semangat berideologi Pancasila. (Triwahyudi Ari/swamedium)

Blitar, Swamedium.com — Blitar Selatan memiliki catatan panjang dalam penumpasan PKI. Sejak tahun 1972 pemerintah mendirikan Monumen Trisula untuk mengingat sejarah penumpasan pemberontakan PKI melalui Operasi Trisula.

Pasca Orde baru tumbang, Monumen Trisula tidak banyak dilirik orang. Sebelumnya setiap bulan September-Oktober selalu digelar upacara dan berbagai kegiatan yg cukup meriah.

Tepat 1 Oktober 2017, DPD GERINDRA Jawa Timur menggelar Apel Hari Kesaktian Pancasila. Kegiatan ini akan di hadiri 1500 orang kader Gerindra, termasuk di dalamnya 200 orang anggota legislatif dan ketua DPC 38 kab/kota se Jawa Timur.

“Gerindra ingin membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Jawa Timur, dengan menggelar Apel Kesaktian Pancasila” papar Ketua DPD Gerindra Jatim?Soepriyatno, sabtu(30/9).

Lebih lanjut dikatakan Politikus yang kini menjabat sebagai pimpinan Komisi XI DPR RI ini, Gerindra memilih lokasi Apel di Monumen Trisula – Bakung Blitar ini, karena tempat ini bersejarah, sekaligus mengedukasi ke masyarakat tentang pentingnya semangat berideologi Pancasila.

Apel ini penting untuk digelar, karena merupakan bagian dari konsolidasi partai untuk menghadapi perhelatan pilkada serentak dan pemilu 2019. Seperti di ketahui pilkada jawa timur akan di gelar Juli 2018, untuk memilih gubernur dan wakil gubernur baru.

Selain menggelar apel, malamnya bersama masyarakat dan Koramil Bakung dilakukan kegiatan Doa Tahlil Istighosah serta Nontong Bareng Film Pengkhianatan G 30 SPKI.

Sementara itu,pasca Apel Kesaktian Pancasila, peserta yg merupakan kader penggerak Garda Merah Putih (GMP) – DPD partai Gerindra Jatim akan melakukan bhakti sosial di lingkungan Monumen Trisula.

“Seluruh kader akan membersihkan Monumen, Lapangan dan masjid, ini bhakti dan pengabdian kami, Gerindra Jatim untuk masyarakat di Bakung Blitar.” tegas Komandan GMP Jawa Timur, Hidayat.(ari)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.