Sabtu, 17 Oktober 2020

Ternyata, Aksi 299 Berpotensi Mengubah Peta Politik Indonesia

Ternyata, Aksi 299 Berpotensi Mengubah Peta Politik Indonesia

Foto: Massa Aksi 299 tumpah ruah di depan Gedung DPR. (ist)

Oleh: Nasrudin Joha*

Jakarta, Swamedium.com — Perppu No. 2/2017 akan melewati proses uji politik di DPR RI. Sejalan dengan proses ini, Perppu juga sedang diuji secara hukum di MK. Secara sosial, Perppu terbukti mendapat penolakan publik yang luas. Aksi 299 adalah bukti nyata Perppu tidak lolos Uji Publik.

Hanya saja persoalannya adalah bahwa proses uji politik di DPR bukanlah uji atas dasar benar salahnya Perppu, bertentangan atau tidaknya dengan konstitusi, layak atau tidaknya, diterima atau ditolak publik. Uji politik Perppu di Senayan adalah uji kepentingan. Uji kekuatan. Uji kesetiaan. Uji Akseptabilitas publik terhadap parpol. Uji pemilu dan Pilpres 2019.

Uji kepentingan

Bagi parpol yang berada dibarisan oposan, geliat gerakan publik yang menolak Perppu bisa dikatakan berkah politik. Sebab, baik karena alasan meneruskan aspirasi publik atau karena banyaknya problem yang melatarbelakangi terbitnya Perppu, barisan partai oposan tentu mendapat benefit politik yang signifikan.

Benefit politik berupa dukungan publik, partai yang dinilai aspiratif, membela kepentingan rakyat, partai yang dianggap masih memiliki telinga yang mendengar dan memiliki mulut yang menyuarakan suara rakyat. Ujungnya, elektabilitas partai yang meningkat di ajang kontestasi kekuasaan (Pilkada, Pemilu maupun Pilpres).

Aksi 299 yang dihadiri ratusan ribu bahkan diprediksi hingga jutaan peserta dari berbagai daerah, tidak bisa dianggap enteng. Para peserta aksi bela Islam alumni 212 ini, telah menorehkan prestasi politik yang gemilang dengan menumbangkan ahok pada ajang pilgub DKI. Tidak mustahil, peristiwa ini akan kembali terulang diseluruh daerah jika dikonsolidasikan untuk menolak semua partai yang mendukung Perppu ormas.

Dari sisi benefit politik, sudah pasti partai Gerindra, PKS dan PAN mendapat benefit politik yang luar biasa. Penolakan ketiga partai ini terhadap Perppu ormas dipastikan berkorelasi Positif bagi dukungan suara.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.