Sabtu, 17 Oktober 2020

Bantu Pengungsi, Soekarwo Usul Mendag Beli Sapi Pengungsi Gunung Agung​

Bantu Pengungsi, Soekarwo Usul Mendag Beli Sapi Pengungsi Gunung Agung​

Foto: Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengusulkan ke Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk membeli sapi pengungsi Gunung Agung. (Triwahyudi Ari/swamedium)

Surabaya, Swamedium.com — Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengusulkan kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita untuk membeli sapi ternak milik pengungsi Gunung Agung di Provinsi Bali. Pasalnya, kebutuhan daging sapi secara nasional masih kekurangan 840 ribu ton.

Usulan disampaikan Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim menjawab pertanyaan wartawan usai Sidang Paripurna DPRD di Gedung DPRD Jatim, Senin (2/10).

“Usulan ini adalah solusi yang tepat karena pusat masih kekurangan daging sapi, sedangkan di sisi lain, pengungsi Gunung Agung dapat mengungsi dengan tenang karena sapinya sudah dibeli,” kata Pakde Karwo.

Hingga kini, lanjut Pakde Karwo, banyak pengungsi yang masih sering pulang ke rumah untuk memberi makan ternak mereka.

Ditambahkannya, Pemprov Jatim tidak bisa membeli sapi tersebut karena Jatim memiliki kelebihan 330 ribu sapi, bahkan 31% total sapi Indonesia atau sebanyak 43 juta ekor sapi berasal dari Jatim.

Selain itu, dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Pemprov Jatim, tidak ada anggaran khusus untuk membeli sapi Gunung Agung. (Ari)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.