Minggu, 25 Oktober 2020

Jelang Pemilu, Bawaslu Luncurkan Pojok Pengawasan

Jelang Pemilu, Bawaslu Luncurkan Pojok Pengawasan

Foto: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan Pojok Pengawasan. (Sindo)

Jakarta, Swamedium.com — Menjelang digelarnya pesta demokrasi pemilihan umum, baik pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 dan pemilihan presiden (pilpres) 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan Pojok Pengawasan sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memantau jalannya pemilu.

Ketua Bawaslu Abhan berharap, adanya pojok pengawasan dapat mengajak masyarakat turut serta dalam memantau pelaksanaan pemilu maupun pilkada. Selain itu, dapat memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang kerja pengawasan yang dilakukan Bawaslu.

“Pojok Pengawasan ini mudah diakses oleh publik, siapapun bisa mengakses segala informasi kerja pengawasan bawaslu,” ujar Abhan saat meresmikan hadirnya Pojok Pengawasan di kantornya, Jakarta, Senin (2/10).

Abhan mengatakan, Bawaslu akan terus menyediakan informasi terbaru yang bisa diakses masyarakat. Informasi itu nantinya memuat penegakan pelanggaran yang bersifat administrasi, pidana maupun sengketa.

“Dan kami akan berproses, semua data dari manual sampai elektronik dan sebagainya. Yang jelas ini dalam rangka publik dapat akses seluasnya apa yang telah diperbuat oleh Bawaslu,” jelasnya.

Tak hanya itu, Abhan menjelaskan, Pojok Pengawasan tidak hanya berada di tingkat pusat, tetapi juga berada di 34 Bawaslu Provinsi serta tempat-tempat publik yang kerap didatangi masyarakat.

“Seperti mall kita buat Pojok Pengawasan. Intinya kami ingin terbuka berbuat dan mudah-mudahan ini jadi perubahan Bawaslu,” katanya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.