Senin, 26 Oktober 2020

Kasus KTP-Elektronik, KPK Akan Jerat Ulang Setya Novanto

Kasus KTP-Elektronik, KPK Akan Jerat Ulang Setya Novanto

Foto: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menjerat ulang Ketua DPR RI Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi KTP Elektronik. Sebelumnya, status tersangka Novanto dibatalkan oleh Hakim Tunggal Cepi Iskandar dalam sidang praperadilan, Jumat (29/9) lalu.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki bukti yang menurutnya sangat menguatkan dugaan keterlibatan Novanto dalam kasus dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik.

Agus mengklaim bahwa salah satu bukti kuat tersebut adalah rekaman percakapan Novanto yang menguatkan keterlibatan Ketua Umum Partai Golkar dalam proyek pengadaan KTP elektronik. Namun, dia tak menyebut detail isi rekaman tersebut.

“Ya, pembicaraannya macam macam,” kata Agus singkat, di Gedung KPK, Senin (2/10).

Selain itu, Agus mengatakan, pihaknya tetap melakukan penyelidikan terhadap Setya Novanto. Rencananya, KPK akan kembali mengupayakan pemeriksaan saksi-saksi lain.

“Kalau penyelidikan terhadap tersangka SN masih terus berjalan, kita masih mengupayakan pemeriksaan terhadap saksi-saksi lain,” ujar Agus.

Kembali ke soal rekaman, Agus mengatakan, KPK menyayangkan mengenai rekaman yang tidak diputar saat sidang praperadilan yang diajukan Novanto.

“Ya, ya. Saya tidak tau pertimbangan hakim (menolak) diputar, karena dia (hakim) satu satunya yang mimpin, saya gak tau pertimbangannya,” ujar Agus. (Jok/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.