Minggu, 01 November 2020

Korupsi di Kemenhub, KPK Panggil Sekretaris Ditjen Hubla

Korupsi di Kemenhub, KPK Panggil Sekretaris Ditjen Hubla

Foto: Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Nael/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — KPK hari ini berencana memanggil Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Ditjen Hubla Kemenhub.

Dalam agenda pemanggilan pemeriksaan itu, Sekretaris Ditjen Hubla Kemenhub sebagai saksi terkait kasus suap proyek perizinan dan pengadaan di lingkungan Ditjen Perhubungan laut Kementerian Perhubungan RI, tahun anggaran 2016-2017.

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka APK Komisioner PT Adhiguna Keruktama,” kata Jubir KPK Febri Diansyah, di Jakarta, Senin (2/10).

Seperti diketahui, KPK telah menemukan adanya indikasi korupsi dan telah menetapkan beberapa orang yang diduga melakukan kesepakatan dengan pemberian perizinan pengerukan di pelabuhan Tanjung Mas, Semarang, Jawa Tengah yang digarap oleh PT Adiguna Keruktama dan diindikasikan adanya tindak pidana korupsi senilai Rp1,147 Miliar yang diterima pihak Dirjen Hubla Kemenhub Tonny Budiono yang melanggar pasal 12 huruf a dan Pasal 12 huruf b serta Pasal 11 huruf a dan Pasal 11 huruf B UU No 133 tahun 1999 dan Pasal 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

Sedangkan sebagai pihak pemberi, tersangka yang telah ditetapkan sebagai tersangka, diduga melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (Jok)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.