Minggu, 18 Oktober 2020

Menang Praperadilan, Desakan Mencopot Setnov Justru Terus Mengalir

Menang Praperadilan, Desakan Mencopot Setnov Justru Terus Mengalir

Foto: Ketua DPR RI Setya Novanto. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Meski Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto telah memenangkan gugatan praperadilan, namun hal itu tak menyurutkan desakan pencopotan dirinya dari posisi pucuk pimpinan partai yang berlambang pohon beringin itu.

Salah satu desakan itu datang dari Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) yang terus mendesak DPP Partai Golkar untuk menggelar rapat pleno dengan agenda memberhentikan Setya Novanto sebagai ketua Umum.

Desakan itu dilontarkan salah satu motor GMPG Ahmad Doli Kurnia setelah DPP Partai Golkar mengeluarkan rekomendasi politik untuk Setnov agar yang bersangkutan menunjuk Pelaksana tugas (Plt) ketua umum, beberapa waktu lalu.

“Sudah saatnya DPP Partai Golkar menggunakan hak konstitusionalnya dengan segera memberhentikan Setnov,” kata Doli seperti dikutip Sindonews, Ahad (1/10) kemarin.

Terjadinya perubahan sikap DPP Partai Golkar yang sebelumnya tetap mempertahankan Setnov sebagai ketua umum dan sekarang mengusulkan penunjukan Plt ketua umum, dinilai Doli sebagai hal yang tidak serius dilakukan oleh elite Partai Golkar dalam menyelamatkan partai.

“Bila perubahan sikap yang ditunjukkan DPP seminggu belakangan ini adalah sikap yang benar-benar serius dan sungguh-sungguh ingin menyelamatkan Golkar, sudah sangat cukup syarat untuk memberhentikan SN,” kata Doli.

Sebelumnya, Ketua Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tanjung secara terang-terangan meminta agar Setnov diganti.

“Perbaikan itu harus segera dilakukan termasuk berkaitan dengan kepemimpinan (Ketum). Ketua-ketua DPP Partai Golkar juga sudah banyak yang berbicara, kalau itu sudah menjadi kesepakatan kenapa tidak dilakukan,” ujar Akbar Tanjung, di Surabaya, Sabtu (30/9) lalu. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.