Selasa, 27 Oktober 2020

Polisi Persilahkan Jonru Ginting Ajukan Penangguhan Penahanan

Polisi Persilahkan Jonru Ginting Ajukan Penangguhan Penahanan

Foto: Pegiat media sosial Jonru Ginting. (Antara)

Jakarta, Swamedium.com — Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, adanya keinginan dari pihak kuasa hukum Jonru Ginting untuk mengajukan penangguhan penahanan ke penyidik, Argo menyatakan bahwa hal tersebut tidak masalah, karena tersangka memiliki hal tersebut.

“itu hak mereka, silahkan aja. misalkan itu dirasa memang dia ingin mengajukan, hak diatur di undang-undang, silahkan. Tidak ada masalah. Nanti kita lihat. Penyidik nanti akan menilai apakah penangguhan itu bisa dikabulkan atau tidak,” ucap Argo di Mapolda Metro Jaya, Ahad (1/10).

Selain itu, Argo menjelaskan, total ada 4 laporan yang masuk ke pihak kepolisian terhadap Jonru. Salah satunya yakni laporan Muannas Al Aidid pada Kamis (31/8) lalu.

“Ada empat (laporan) dengan kemarin. Jadi yang tiga masih penyelidikan, yang satu sudah ke penyidikan,” lanjut mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut.

Lebih lanjut Argo menjelaskan, perihal penahanan Jonru adalah subyektivitas penyidik. Sesuai pasal yang disangkakan yakni pasal 28 ayat 2 juncto pasal 45 ayat 2 nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan Undang-undang (UU) RI nomor 11 tentang 2008 tentang ITE, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun, tersangka dimungkinkan untuk dilakukan penahanan.

“Subjektivitas penyidik untuk penahanan. sesuai UU kan boleh karena ancamannya di atas 5 tahun,” pungkasnya. (Yog)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.