Sabtu, 31 Oktober 2020

Profesi Insinyur Tak Lagi Diminati Generasi Muda

Profesi Insinyur Tak Lagi Diminati Generasi Muda

Foto: Para pembantu Jokowi tolak keluhan pengusaha soal penguasaan proyek oleh BUMN. (nael)

Jakarta, Swamedium.com – Setelah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyebut profesi petani terancam punah karena anak muda enggan menjadi petani, kini sektor infrastruktur juga memiliki kekhawatiran yang sama. Generasi muda sekarang kurang tertarik jadi insinyur.

Zaman sudah berubah. Di era sebelum tahun 2.000-an, insinyur salah satu profesi favorit anak muda. Tapi di era generasi milenial justru sebaliknya, anak muda enggan menempuh pendidikan untuk jadi insinyur. Profesi insinyur mungkin tak lagi bergengsi di mata generasi milineal.

Padahal, semakin berkurangnya minat menjadi insinyur ini telah mengancam pembangunan infrastruktur di beberapa negara.Di negara maju pun, pembangunan infrastruktur mengalami kendala, antara lain dari segi pembiayaan dan sumber daya manusia (SDM).

“Generasi muda sekarang kurang tertarik untuk menjadi insinyur. Padahal kita butuh banyak sekali orang-orang yang kompeten membangun infrastruktur,” ujar President of International Federation of Consulting Engineers FIDIC, Jae-Wan Lee di Jakarta Cenvention Center, Minggu (1/10) yang dikutip Kompas.

Padahal, kata Lee, pembangunan infrastruktur sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hingga saat ini, masih banyak penduduk di sejumlah kawasan di dunia yang tidak bisa mengakses air minum dan sanitasi yang baik.

Sebab itu, FIDIC menggelar pelatihan-pelatihan di sejumlah negara untuk memperbanyak tenaga profesional.”Kami sangat mendorong para generasi muda untuk mau mempelajari dan menyukai menjadi insinyur,” sebut Lee.

Keberadaan tenaga profesional ini, imbuh dia, berdampak pada kualitas infrastruktur yang dibangun.

Dengan teknologi mutakhir yang dikembangkan para profesional, infrastruktur diharapkan bisa tahan terhadap bencana seperti yang saat ini menjadi isu utama di seluruh dunia.

“Banyak kesempatan yang bisa insinyur manfaatkan untuk membantu pemerintah dalam memastikan pembangunan kota berjalan secara efektif, terutama dalam menciptakan infrastruktur yang berkelanjutan,” jelas Lee.(*/maida)

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.