Selasa, 20 Oktober 2020

Freeport Tolak Skema Divestasi, Menteri Luhut Akan Datangi Bosnya Di AS

Freeport Tolak Skema Divestasi, Menteri Luhut  Akan Datangi Bosnya Di AS

Foto: Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (ist)

Jakarta, Swamedium.com – Pemerintah dan PT Freeport Indonesia (PTFI) belum menemukan titik temu soal skema pelaksanaan divestasi 51% saham PTFI. Meski tidak ada urusannya dengan bidang kemaritiman, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan akan turun tangan langsung bertolak ke Amerika Serikat untuk melakukan negosiasi kembali.

Seperti diketahui, perjanjian kesepakatan antara Freeport McMoran (induk usaha Freeport Indonesia) dengan pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Menteri ESDM Ignatius Jonan, dan Menkeu. Sri Mulyani Indrawati yang dibuat pada 27 Agustus tak semerta membuat mulus pelaksanaan divestasi sahamnya.

Terbukti, CEO Freeport McMoran Inc Richard C Adkerson melayangkan surat penolakan skema divestasi yang diusulkan Pemerintah Indonesia kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Indonesia Hadiyanto pada 28 September 2017.

Meski Freeport belum sepakat soal skema divestasi, Luhut memastikan, divestasi PTFI sebesar 51 persen tetap berjalan. Sebab itu, Luhut akan membicarakan kembali dengan petinggi perusahaan tersebut. Dia berencana dalam waktu dekat ke Amerika Serikat untuk membahas divestasi Freeport.

“Lagi kita bicarakan. Lagi di-exercise,” kata Luhut di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/10) yang dikutip republika.com.

Meski akan melakukan koordinasi kembali, Luhut memastikan bahwa pemerintah tidak akan mengubah keinginan untuk membeli saham perusahaan tersebut hingga 51 persen. Pemerintah juga tetap mewajibkan pembangunan pabrik pemurnian mineral atau smelter kepada Freeport sebagai syarat perpanjangan kontrak. (*/maida)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.