Selasa, 28 Juni 2022

Tawuran Tewaskan Pelajar, KPAI Minta Disdik DKI Fasilitasi Rekonsiliasi

Tawuran Tewaskan Pelajar, KPAI Minta Disdik DKI Fasilitasi Rekonsiliasi

Foto: Ilustrasi KPAI (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Maraknya kegiatan tawuran di kalangan pelajar di Ibu kota, membuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mendorong Dinas Pendidikan DKI Jakarta fasilitasi rekonsiliasi agar konflik seperti hal tersebut tidak kembali terjadi.

Banner Iklan Swamedium

Komisioner KPAI bidang pendidikan, Retno Listyarti mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah yang pernah terlibat tawuran, agar hal serupa bisa terhindarkan kedepanya.

“KPAI juga mendorong sekolah – sekolah yang terlibat tawuran dapat di rekonsiliasi agar tidak ada pembalasan sekaligus upaya memutus mata rantai kekerasannya,” ucap Retno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/10).

Lebih lanjut Retno menilai kegiatan tawuran yang sering terjadi tersebut merupakan kegiatan balasan yang dilakukan para pelajar. Seperti kejadian tewasnya MI akibat tawuran yang melibatkan sejumlah pelajar di Cakung, Jakarta Timur pada Senin (9/10) kemarin.

Dalam hal ini retno mengatakan bahwa kurang seriusnya pihak berwenang dalam mengatasi permasalah tawuran yang terjadi. maka dari itu KPAI siap bersinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi kegiatan tawuran di ibukota

“KPAI meminta pihak-pihak terkait untuk segera melakukan penyelidikan terkait tewasnya ananda MI, seperti kepolisian dan Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta. Kepolisian mengusut secara hukum yang berlaku, seperti penggunaan UU Perlindungan Anak dan UU Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA),” pungkasnya. (Yog)

Banner Iklan Swamedium

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fakta Berita