Senin, 03 Agustus 2020

KSPSI Riau Bakal Gelar Aksi Terkait PHK Karyawan PT. RAPP

KSPSI Riau Bakal Gelar Aksi Terkait PHK Karyawan PT. RAPP

Foto: PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). (aksesriau.co.id)

Pekanbaru, Swamedium.com — Tak kunjung dicabutnya Permen No 17/2017 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) meski gugatan DPD KSPSI Riau sudah dikabulkan MA. Maka, Dewan Perwakilan Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPD KSPSI) Riau memutuskan untuk turun ke jalan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD KSPSI, Nursal Tanjung saat dikonfirmasi, Jumat (20/10) pagi. Dalam keterangannya, beliau menyebutkan KSPSI akan menggelar aksi besat-besaran pada Senin depan, akibat dari arogansi Men LHK akibat Peraturan yang dibuatnya meski gugatan pihaknya sudah dikabulkan Mahkamah Agung.

“Aksi diikuti oleh seluruh anggota KSPSI 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau, perkiraan jumlah massa ada kurang lebih 10.000,” kata Ketua DPD KSPSI sekaligus pimpinan aksi ini.

Aksi yang sudah mendapat izin pengamanan dari Polresta Pekanbaru ini, menjadikan Kantor Gubernur Riau dan Kantor DPRD Riau sebagai titik kumpul.

Dalam aksi tersebut, Nursal menyebutkan, ada beberapa tuntutan yang akan disampaikan, yakni meminta jaminan serta perlindungan terhadap ancaman PHK bagi buruh Industri Kehutanan.

Selain itu, massa akan meminta Gubernur Riau dan Ketua DPRD segera meminta Menteri LHK, Siti Nurbaya untuk mengizinkan kembali operasional PT RAPP dan bisa berjalan seperti biasanya.

Sementara itu, PT RAPP resmi memutus hubungan kerja 4600 karyawannya secara bertahap, dan kemungkinan besar 1300 karyawan lainnya juga akan menyusul. (Hasbullah Tanjung/jurnalis warga)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.