Monday, 17 June 2019

Meikarta dalam Pandangan Islam

Meikarta dalam Pandangan Islam

Foto: Proyek pembangunan Meikarta yang tetap berjalan meski bermasalah dalam perizinan. (Nael Kilimanjaro/swamedium)

Oleh: Despry Nur Annisa Ahmad*

Jakarta, Swamedium.com — Meikarta merupakan sebuah proyek pengembangan kota baru yang diprakarsai oleh Lippo Group dengan peruntukannya sebagai kawasan permukiman sekaligus sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Luas total pengembangannya 2200 Ha, namun tahap I yang progresif saat ini adalah pengembangan 500 Ha. Investasi yang disiapkan mencapai Rp 278 triliun. Sejak lima bulan ditawarkannya, sudah terdapat 130 orang yang tercatat sebagai pembeli.

Tidak hanya itu, media internasional juga ikut turun tangan dalam menurunkan berita Meikarta. Nasdaq, Reuters UK, Dow Jones. Mereka menyoroti Meikarta sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru skala internasional.

Infrastruktur luar biasa yang akan dibangun di kota ini, diantaranya 200 gedung pencakar langit yang mempunyai tinggi lantai dari 35-46 tingkat yang sedang dibangun secara serentak, 400 ribu unit rumah dengan harga mulai dari 400 jutaan dengan harga tanah 12,5 juta/m2, 7 pusat perbelanjaan bertaraf internasional, rumah sakit Internasional, pusat keuangan Internasional, 10 hotel Internasional berbintang lima, Perpustakaan Nasional, opera theatre and art centre, 10 SD Internasional dan Sekolah Nasional plus, serta 5 SMP, SMA Nasional, dan Internasional.

Dan kesemuanya ini dapat menampung sekitar 2 juta penduduk baru yang akan siap huni pada bulan Desember 2018 mendatang. (CNN Indonesia, 4/5/2017).

Foto: Proyek Meikarta yang masih terus berjalan di tengah polemik perizinan. (mangucuy/joko/swamedium)

Menelaah legalitas kedudukannya dalam perspektif keilmuan planologi, bisa kita lihat berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jawa Barat Tahun 2009-2029 dan RT RW Kabupaten Bekasi 2011-2031.

Hasil analisis yang telah dilakukan oleh Khairul Rizal (seorang pemerhati perencanaan, admin blog rumahpangripta.org, mahasiswa doktoral di UCL, UK) menyatakan bahwa:

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)