Tuesday, 23 April 2019

Meikarta dalam Pandangan Islam

Meikarta dalam Pandangan Islam

Foto: Proyek pembangunan Meikarta yang tetap berjalan meski bermasalah dalam perizinan. (Nael Kilimanjaro/swamedium)

1. Pada tingkat RTRW provinsi, lokasi rencana pembangunan Meikarta ternyata sesuai dengan RTRW provinsi yang berlaku, baik secara pola dan struktur ruang (lihat gambar 1).

Lokasi pembangunan Meikarta berada dalam Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Koridor Bekasi-Cikampek, sehingga harus melalui administrasi perizinan Pemprov Jawa Barat.

Arahan RT RW Jawa Barat untuk KSP ini adalah masih normatif, yaitu perlu sinergitas infrastruktur, sinergitas pembangunan antar-daerah, dan perlu dikendalikan agar tidak merambah kawasan lahan basah. Faktanya adalah lokasi pembangunan masih berada dalam satu daerah administrasi, yaitu Kabupaten Bekasi.

Fakta lainnya adalah kawasan lahan basah dan lindung jauh dari lokasi pembangunan.  Jika mengacu ke peta pada gambar 2, Meikarta jelas dikelilingi oleh kawasan permukiman (oranye) dan industri (merah muda), jauh dari zona berwana hijau. Namun demikian, sinergi infrastruktur harus tetap diperhatikan.

Inilah yang harus ditekankan dalam perizinan nantinya. Namun, ini bukan bentuk pelanggaran tata ruang, sehingga kurang layak jika dihambat atau ditahan perizinannya.  Sebaliknya, arahan RTRW ini justru untuk mendorong peran pemprov dalam mengkoordinir penyediaan infrastruktur di kawasan tersebut.

Foto: Gambar 1. RT RW Provinsi Jawa Barat

2. Potensi terjadi ketidaksesuaian justru berada di RTRW Kabupaten Bekasi. Peta RT RW mengalokasikan hanya sebagian kawasan untuk permukiman, sementara sebagian lainnya diperuntukan bagi industri.

Ada argumen yang mengatakan bahwa beban kawasan permukiman lebih ringan dibandingkan beban kawasan industri, sehingga peralihan dari kawasan industri menjadi kawasan permukiman lebih bisa ditolerir dibandingkan peralihan dari kawasan hutan atau pertanian menjadi kawasan permukiman, apalagi industri.

Namun, terlepas dari apa yang diargumenkan, secara faktual peralihan ini sudah tidak sesuai dengan RTRW. Perlu dicatat bahwa ketidaksesuaian ini masih potensi sifatnya, belum aktual.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)