Sunday, 26 May 2019

Meikarta dalam Pandangan Islam

Meikarta dalam Pandangan Islam

Foto: Proyek pembangunan Meikarta yang tetap berjalan meski bermasalah dalam perizinan. (Nael Kilimanjaro/swamedium)

Foto: Salah satu proyek pembangunan apartemen di Meikarta. (Mangucuy/Joko/swamedium)

Hal ini mengacu kepada Undang-undang Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Metropolitan dan Pusat Pertumbuhan di Jawa Barat.

Pasal 10 huruf f UU itu menyatakan perizinan pembangunan pada bidang-bidang yang bersifat strategis berskala metropolitan, lintas daerah serta lintas pemerintahan dan/atau berimplikasi skala metroplitan menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota setelah mendapat rekomendasi dari Gubernur. Jadi, “IIPT seharusnya menunggu selesainya rekomendasi dari Pemprov Jawa Barat,” kata Pak Bernardus.

Lebih lanjut terkait perizinan, dokumen AMDAL dan IMB proyek Meikarta ini belum terbit dan yang menjadi kontroversial adalah masifnya pemasaran sebelum perizinan diterbitkan. Inilah yang menjadi penyakit utama negeri ini dalam dunia pembangunan, promosi gencar tapi perizinan belum ada.

Berdasarkan pemaparan fakta diatas, penulis berpendapat bahwa proyek Meikarta ini bukan sekadar proyek biasa yang sebatas digunakan untuk menggenjot perekonomian Indonesia.

Lebih dari itu, dalam proyek ini melibatkan pertarungan ideologi. Seperti yang kita ketahui bahwa Lippo Grup merupakan korporasi yang berasal dari China.

Kita harus mengingat bahwa strategi China dalam melalukan Imperialisme Neo Komunisnya adalah menanamkan investasi dengan cara Turnkey Project (Baca: Perang Asimetris Tiongkok).

Turnkey Project ini adalah paket yang dikeluarkan China pada saat negara peminta/penjual aset meminta China untuk membangun infrastruktur di negara peminta tersebut.

Paket Turnkey Project ini diantaranya dimulai dari pendanaan, mesin, bahan baku, manajemen, tenaga ahli, bahkan sampai kuli kasar didrop dari Cina. (Aktual, 6/6/2015)

Makannya jangan heran jika banyak berdatangan Pekerja Asing Asal China, karena itu sudah Turnkey Project (satu paket) yang China tetapkan jika ingin mengundang China untuk berinvestasi di negara kita ini.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)